RSUD Jayapura Siapkan Ruangan Khusus Bagi Pasien Terpapar Virus Corona

Direktur RSUD Jayapura, Aloysius Giyai saat meninjau ruangan isolasi khusus pasien virus corona/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com-Menyikapi wabah virus corona atau covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia, Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura mulai melakukan persiapan untuk menerima rujukan pasien yang terpapar corona di wilayah Papua dan Papua Barat.

Direktur RSUD Jayapura, Aloysius Giyai, mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan satu ruangan isolasi khusus untuk menampung pasien yang terpapar virus corona. Dan ruangan tersebut dalam proses pengerjaan dan akan selesai dalam waktu dekat.

“ Kita tengah menyiapkan satu ruangan khusus untuk menerima pasien yang tersuspec virus corona. Dan saat ini dalam proses pekerjaan dan akan selesai dalam satu atau dua hari ini. Ini kami pisahkan dari ruangan lain supaya pasien yang ada disini (RSUD Jayapura) tidak terpapar virus corona,” katanya kepada wartawan usai melakukan peninjauan ruangan isolasi di RSUD Jayapura, Selasa (3/3) siang.

Selain menyiapkan ruangan, Aloysius juga mengaku pihaknya telah membentuk tim khusus penanganan virus corona yang berjumlah 20 tenaga medis. “Dalam hal tenaga kita sudah siap dengan peralatan yang dibutuhkan, jika ada pasien yang tersuspec virus corona atau covid-19 akan kita tangani disini,” akunya.

Aloysius menambahkan, RSUD Jayapura juga bekerjasama dengan kantor kesehatan bandara dan pelabuhan guna memberikan informasi awal sehingga jika terdapat pasien dugaan virus corona masuk dipelabuhan dan bandara langsung dapat dijemput oleh tim medis corona RSUD Jayapura. “Kerjasama sudah dilakukan, jika ada penumpang pesawat maupn kapal laut yang terpapar virus corona akan kita jemput untuk dibawa kesini,” tandasnya.

Untuk diketahui, RSUD Jayapura merupakan salah satu dari 100 rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah menjadi rumah sakit rujukan pasien terpapar virus corona.*