Pengamanan PON dan Pilkada Serentak 2020, Dibahas Dalam Rapim Kodam Cenderawasih

Suasana Rapim Kodam Cenderawasih, di Aula Tony Rompis Makodam, Jumat (28/2)/dok.Pendam17

JAYAPURAwartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab Pangkoops TNI Papua secara resmi membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam XVII/Cenderawasih TA 2020 yang mengusung tema “Membangun Kodam XVII/ Cenderawasih Selaku Koops TNI Papua Yang Adaptif”.

Dalam Rapim kali ini dilaksanakan selama 2 hari pada 28-29 Februari 2020, bertempat di Aula Tony A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura dan dihadiri oleh seluruh komandan satuan TNI-AD yang berada di Provinsi Papua dan beberapa narasumber yaitu dari Ketua KPU Papua, Zufri Abubakar, Kakanwil Kemenkumham Papua, Drs. Murdjito Sasto, M.Si, Ketua OJK Provinsi Papua, Adolf Fictor T Simanjuntak, S.E,M.Acc, Kepala Kancab Asabri Jayapura, Setyaningsih, Pimpinan Redaksi Cenderawasih Pos dan Ketua Harian PB PON Papua, LongginusSangur, S.Sos.

Sejalan dengan tema, Rapim yang diselenggarakan kali ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kondisi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas Kodam XVII/ Cenderawasih selaku Koops TNI Papua pada Tahun 2019, melakukan evaluasi tentang pelaksanaan program kerja dan anggaran Tahun 2019 serta menyampaikan Pokok-Pokok Kebijakan Pangdam XVII/Cenderawasih selaku Koops TNI Papua Tahun 2020.

Dalam sambutannya Pangdam Cenderawasih mengatakan bahwa Rapim kali ini digunakan untuk membahas dan merumuskan kebijakan serta strategi, untuk menghadapi tantangan kedepan, dihadapkan pada perkembangan lingkungan, visi misi Pemerintah, dan berbagai persoalan yang membutuhkan solusi.

"Sehingga kedepan kita akan lebih baik lagi dalam meningkatkan keberhasilan pencapaian tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih," ujar Pangdam

Selanjutnya, kata Pangdam, di tahun 2020 ini terdapat agenda nasional yang terkait dengan tugas-tugas Kodam XVII/ Cenderawasih selaku Koops TNI Papua, yaitu Pilkada Serentak 11 Kabupaten dan PON XX Tahun 2020. 

“Pada tahun 2020 ini kita dari Kodam memiliki beberapa agenda yang mana tidak menutup kemungkinan terdapat kerawanan di wilayah maupun meningkatnya suhu politik dapat berimplikasi terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat, untuk itu kita harus tingkatkan kewaspadaan dan deteksi dini serta kesiapsiagaan satuan untuk mengantisipasi hal tersebut,”pesan Pangdam

Pun dengan bencana alam yang sewaktu waktu akan datang, Pangdam menegaskan, selaku prajurit, harus selalu memonitor, memantau dan selalu menjaga kesiapsiagaan satuan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi.

Diakhir sambutannya Jendral Bintang Dua tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit dimana pun berada dan bertugas, atas dedikasi yang telah diberikan dalam menjalankan tugas-tugas Koops TNI Papua.

Khususnya dalam membantu Pemerintah  melaksanakan program pembangunan, serta hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi.(Adv