Dapat Hadiah Mesin Babat, Berikut Kelurahan Terbersih di Kota Sorong

Ketua DPRD Kota Sorong saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba kebersihan tingkat Kota/Ola

SORONG,wartaplus.com-Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Sorong ke 20, panitia menyelenggarakan lomba kebersihan. Koordinator tim penilaian lomba kebersihan yang juga sebagai Kepala Dinas Pengelolaan dan Pengawasan Lingkungan Hidup Kota Sorong, Julian Kelly Kambu mengatakan bahwa standar penilaian adalah standar penilaian nasional yang mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 53 Tahun 2016 tentang penilaian kota bersih, sehat, dan kota hijau. Ia menghimbau kepada pemenang wajib untuk menjaga kebersihan dan mempertahankan keberseihan yang ada.

Berikut nama-nama kelurahan terbersih versi panitia HUT Kota Sorong ke 20, Juara harapan 3, Kelurahan Dum Timur dengan nilai 490, Juara harapan 2, Keluruhan Klakublik, dengan nilai 494,5, Juara harapan 1, Kelurahan Klasaman, dengan nilai 498,7, Juara 3, Kelurahan Remu selatan dengan nilai 502, Juara 2, Kelurahan Klasabi dengan nilai 503 dan Juara 1, Kelurahan Pal Putih 505.

Adapun pemenang lomba masing-masing memperoleh piagam penghargaan, tong sampah, alat kebersihan dan uang pembinaan. Sedangkan pemenang juara 1,2 dan 3 ditambah hadiah berupa mesin babat.

Alasan Kelurahan Pal Putih menjadi juara memang sudah dapat diprediksi setelah sebelumnya viral, dimana tempat pembuangan sampah yang sebelumnya kumuh disulap menjadi tempat yang bersih dan instagramable.

Lurah Pal Putih N.J. Leatemia dalam keterangannya mengatakan bahwa sejak dilantik menjadi Lurah pihaknya langsung membenahi tempat sampah Pal Putih yang menjadi pusat tempat pembuangan sampah bagi empat kelurahan di Distrik Sorong Barat.

Ia menjelaskan bahwa tidak hanya membenahi tempat sampah, pihaknya juga mengatur waktu pembuangan sampah dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.
"Terima kasih atas dukungan masyarakat Pal Putih. Ini kemenangan kita semua yang mau menjaga kebersihan,"pungkasnya.*