Lagi, Kontak Senjata di Intan Jaya, Dua Orang Tertembak

Ilustrasi kontak senjata/google

INTAN JAYA, wartaplus.com-Tim pasukan gabungan TNI Polri terlibat kontak senjata dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) di Kampung Gulanggama dan Japaro Komplek, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (18/02) pagi.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto dalam siaran persnya, Rabu (19/3) menuturkan, kontak senjata  terjadi sekira pukul 07.20 Wit. Saat  itu tim gabungan Satgas Gakkum TNI/Polri melaksanakan patroli Keamanan dan melihat sejumlah warga yang diyakini sebagai anggota KSB berada sekitaran Kampung Gulanggama Komplek dengan membawa 2 pucuk senjata.

"Pada saat pengejaran terjadi kontak tembak, dan kelompok KSB melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba," terang Kapendam Eko

Beberapa saat setelah kontak tembak,  lanjut dia, tim Gabungan melaksanakan pembersihan sektor kontak tembak dan menemukan sosok mayat laki laki yang belakangan diketahui bernama Meki Tipigau (18), yang berhasil dilumpuhkan saat kontak tembak karena membawa  satu pucuk senjata. 

"Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari kepala suku setempat, korban ini bergabung dengan OPM/KSB. Pada saat tertembak, senjatanya dibawa oleh rekannya yang lain," ungkap Kapendam.

Saat di lokasi kejadian  tim gabungan juga mendapatkan adanya korban warga lainnya yang terkena tembakan rekoset amunisi yang menurut perkiraan juga dari kelompok KSB. 

"Hal ini dikarenakan posisi mereka dibawah lembah, dan menembak secara membabi buta ke arah pasukan Tim Gabungan yang berada diposisi ketinggian, sehingga tembakan KSB mengenai seorang perempuan 14 tahun bernama Kina Sani, suku Moni, terkena di telapak kaki kiri. Saat ini korban sudah ditangani dan selanjutnya dievakuasi ke Sugapa dilanjutkan ke Timika untuk diambil proyektilnya," beber Kapendam

Sementara itu, barang bukti lainnya  yang didapat tim gabungan antara lain:  1 unit Laptop, 1 unit Handphone, 1 unit HT, 2 pucuk senjata rakitan, 1 unit mesin Fax, 1 buah busur panah dan beberapa anak panahnya.**