KST Bakar Perumahan Dinas DPRD Intan Jaya, Satgas TNI Bantu Warga Mengungsi

Perumahan dinas DPRD yang rata dengan tanah usai dibakar KST di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya/Pen Satgas Yon 330

SUGAPA, wartaplus.com - Kelompok Separatis Teroris (KST) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus melancarkan aksi terornya, yang membuat warga di Distrik Sugapa, Ibukota Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah ketakutan.

Sebelumnya, pada Jumat (19/01/2024), KST pimpinan Apen Kobogau (Wakil Pangkodap III) menyerang Pos Polri yang ada di Kampung Bilogai, menyebabkan satu personil Satgas Ops Damai Cartenz, Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur.

Pada Sabtu (20/01/2024), aksi teror KST berlanjut dengan membakar rumah dan fasilitas pemerintahan yang ada di Kampung Mamba. KST juga membuang tembakan, yang menyebabkan ketakutan warga.

Tak mau tinggal diam, Satgas TNI 330 Tri Dharma segera melakukan penindakan untuk menghalau kelompok separatis ini masuk lebih jauh ke jantung kota Sugapa, membantu mengamankan dan mengungsikan warga ke rumah salah satu tokoh masyarakat di kampung Mamba.



Dansatgas 330, Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto, S.I.P., M.I.Pol menjelaskan bahwa KST telah merusak fasilitas yang dibangun pemerintah, dan melakukan teror yang menyebabkan situasi keamanan menjadi tidak kondusif.

"Aksi KST yang terbaru adalah melakukan pembakaran rumah dinas anggota DPR Kabupaten Intan Jaya yang ada di kampung Mamba, Distrik Sugapa," ungkap Mayor Dedy dalam siaran persnya yang diterima wartaplus.com, sabtu malam.

Sungguh ironi, ditengah upaya pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Intan Jaya, KST justru sering melakukan aksi yang merugikan masyarakat seperti perampasan,  pemalakan, pemerkosaan bahkan tak segan melakukan pembunuhan kepada siapa saja yang tidak menuruti keinginannya.

Tentunya, aksi yang dilakukan KST ini justru menjadi faktor penghambat laju pertumbuhan pembangunan dan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.**