Evakuasi Besok

Tim Evakuasi Berhasil Temukan 12 Jenasah Penumpang Heli M17

Puing-puing heli MI 17 Penerbad No Reg HA 5138/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com-Danrem 172/PVY, Kol. Inf Binsar Sianipar, selaku Koordinator Evakuasi,  siang ini telah mengkonfirmasi bahwa Tim Evakuasi hari ini (14/2) telah berhasil mencapai lokasi puing-puing heli MI 17 Penerbad No Reg HA 5138 pada sekitar pukul 12.30 WIT.

Tim evakuasi dari Yonif 751 Raider tiba di lokasi puing setelah berjalan mendaki selama kurang lebih 5 jam dari base camp yang dirikan sejak kemarin (13/2/2020), sesaat setelah mereka diturunkan dengan menggunakan tali dari heli angkut personel.

Tim juga telah berhasil menemukan ke-12 jenazah korban yang seluruhnya berada di sekitar lokasi kepingan body pesawat. "Identitas 9 jenazah bisa kita kenali dari pakaian dan atribut yang mereka kenakan, sedangkan 3 jenazah lagi masih diperlukan proses identifikasi lebih lanjut," terang Kol. Inf Binsar dalam rilisnya yang diterima wartaplus.com, Jumat (14/2) siang

Dikatakan, namun demikian untuk memastikannya tentu kita perlu melakukan proses identifikasi dari tim medis secara  detail kepada 12 jenazah setelah nanti bisa kita evakuasi.

Mengingat kondisi cuaca dan medan yang sangat ekstrem, tim belum bisa melakukan evakuasi terhadap jenazah korban sore ini. "Direncanakan besok proses evakuasi jenazah akan kita mulai. Tim akan membawa turun jenazah ke titik yang bisa dijangkau oleh heli kita. Untuk selanjutnya dievakuasi melalui udara", jelas Kol Inf. Binsar Sianipar.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, beserta seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih menyatakan turut berdukacita dan belasungkawa yang mendalam kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur dalam kecelakaan Heli MI 17 No Reg HA 5138 saat melaksanakan tugas mulia di wilayah Papua.*