Yance Samonsabra Pertanyakan Hasil Tes CPNS Papua Barat ke Kemenpan RB

Anggota DPD RI Yance Samonsabra saat bertemu Asisten Deputi Bidang Perencanaan Kemenpan RB, Rizal/Istimewa

JAKARTA - Hasil pengumuman tes CPNS Provinsi Papua Barat 2018 sampai saat ini masih diverifikasi ulang oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Jakarta. 

Hal itu dikemukan Asisten Deputi Bidang Perencanaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Rizal di hadapan anggota DPD RI asal Papua Barat, Yance Samonsabra, SH., M.Si di ruang kerja Deputi, Jumat (10/1) siang.

Dalam siaran pers yang diterima wartaplus.com, Yance mengatakan, kedatangannya ke Menpan RB RI untuk menanyakan alasan keterlambatan keputusan hasil tes pengumuman CPNS di Papua Barat tahun 2018. Pasalnya, sudah 1 tahun tidak ada kepastian dari pemerintah Pusat kepada pencaker (pencari kerja) yang sudah mengikuti tes CPNS.

Dalam pertemuan itu, Rizal berpesan kepada senator Yance Samonsabra untuk sampaikan kepada masyarakat Papua Barat, khususnya kepada mereka yang sudah mengikuti tes CPNS kalau saat ini masih diverifikasi ulang oleh BKN.

Kata Rizal lagi, kuota yang diminta sesuai formasi 300 orang di Papua Barat tidak akan hilang, namun tetap dan akan diumumkan sesuai kuota tersebut.

Sementara itu Yance mengutarakan bahwa sesuai wacana bahwa tes CPNS Papua Barat tahun 2018 lalu akan diumumkan pada Januari ini, namun belum juga diumumkan, namun Rizal memastikan akan segera diumumkan.

Terkait kuota 80 persen Orang Asli Papua (OAP), dan 20 persen non OAP, Rizal menegaskan tetap dan tidak akan ada perubahan. 

Lebuh jauh kata Rizal, apabila BKN sudah selesai mengolah hasilnya, maka BKN dan Menpan RB akan mengundang kepala BKD dan Sekda di Papua Barat untuk disampaikan secara terbuka.

Oleh karena itu, Rizal menyarankan kepada senator Yance untuk menjelaskan kepada para pencaker yang sudah mengikuti tes di Papua Barat agar bersabar atas keterlambatan tes CPNS.**