Mantapkan Pembangunan di Tahun 2020, Kampung Kamdera Gelar Musrenbang

Para pemangku kepentingan dan Anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten Jayapura foto bersama usai Musrembang/Istimewa

JAYAPURA - Dalam rangka meningkatkan pembangunan prioritas ditahun 2020 yang diharapkan masyarakat, Aparat Pemerintahan Kampung Kamdera Distrik Demta Kabupaten Jayapura, melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Jumat  (20/12).

Musrenbang Kampung adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan Kampung untuk menyepakati rencana kegiatan Di kampung, dan merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan agar efektif dan efesien.

Kepala Distrik Demta Edison Yapsenang, saat menghadiri kegiatan Musrenbang menyebutkan bahwa Musyawarah perencanaan pembangunan Kampung diselenggarakan oleh Kepala Kampung tidak lain untuk membahas dan menyepakati rancangan RKP Kampung.

“Musyawarah tersebut dilakukan antara BPK, Pemerintah Kampung dan semua unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kampung untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan Kampung yang didanai oleh APBKampung, Swadaya masyarakat dan APBD Kabupaten,” ujarnya.

“Dalam menyusun prioritas kebutuhan yang akan dijadikan kegiatan untuk penyusunan RKP Kampung, tambahnya.

Sementara itu Kepala Kampung Kamdera Silas K Taurui  mengatakan, dengan Musrenbang itu maka pembangunan prioritas yang diharapkan oleh masyarakat Kampung yang akan diusulkan nantinya melalui Musrenbang tingkat distrik untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah (UPTD dan atau SKPD).

Silasa berharap semoga kedepan program pembangunan prioritas yang diharapkan oleh masyarakat melalui musrenbang ini dapat terealisasikan dengan baik sesuai yang diharapkan.

Ketua komisi A DPRD Kabupaten Jayapura Hermes Fele menyampaikan hasil dari Musrenbang Kampung ini nantinya akan dikawal dan diawasi sebagai mana fungsi dari Dewan.

"Fungsi kami hanya mengawasi proses pembangunan agar dapat tepat sasaran sesuai yang diharapkan masyarakat yang ada di kampung," tegasnya.**