Sambut Nataru 2019, SAR Jayapura Siagakan 79 Personil

Apel siaga Natal dan Tahun Baru di halaman kantor SAR Jayapura di Sentani, Kabupaten Jayapura/ Andy

JAYAPURA – Menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NATARU), Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura melaksanakan apel gelar pasukan siaga SAR di halaman kantor SAR Jayapura, Sentani, kabupaten Jayapura.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Putu Arga Sujarwadi mengatakan, apel siaga Nataru sebagai upaya memberi layanan jasa SAR menjelang libur Natal 2019 dan tahun baru 2020. Siaga Nataru akan digelar mulai tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 mendatang.

Menurutnya, siaga khusus Nataru adalah kesiapsiagaan untuk mendukung pelaksanaan arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru.

“ Siaga SAR di lakukan dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan natal dan tahun baru serta pengamanan Obyek wisata yang ada Provinsi Papua,” kata Putu Arga.

Lanjut katanya, Basarnas juga akan melakukan pemantauan pada daerah-daerah wisata strategis yang ramai dikunjungi oleh masyarakat saat libur akhir tahun. “ Destinasi wisata pantai di Kota Jayapura akan menjadi perhatian Khusus Kantor Basarnas Jayapura,” ujarnya.

Putu menambahkan, menyambut Natal dan Tahun Baru, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura akan menyiagakan 79 personil di beberapa titik.

“ Kita siagakan 79 personil di beberapa titik di Sentani dan Kota Jayapura. Termasuk personil di Pos SAR Sarmi, Wamena dan Oksibil serta KN SAR Rescue Boat 222 Jayapura yang disiagakan di Dok IX Kota Jayapura,” bebernya.

Apel siaga Sar Jayapura dilanjutkan dengan pelepasan personil yang akan melakukan patroli siaga Nataru menggunakan kendaraan Rescue Car dan Rescue truk ke tempat tujuan yakni Bandara, pelabuhan dan obyek wisata di sekitar Kota Jayapura.**