Warga Kota Sorong Bahagia Lihat Taruna AAL

Foto bersama pejabat Forkopimda dengan Taruna AAL/Ola

SORONG-Kegembiraan siang hari hingga sore hari Kamis (14/11) dirasakan oleh warga Kota Sorong, Papua Barat saat menyaksikan aksi kirab drum band Taruna -Taruni Akademi Angakatan Laut (AAL) yang melintas di sepanjang jalan Ahmad Yani.

Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-65 yang sedang melaksanakan Latihan dan Praktek (Latek) Jalayudha, menurut Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 yang mengangkut personil Taruna AAL, Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji bahwa Latek tersebut bertujuan untuk mengasah keterampilan para Taruna selama duduk di kursi akademi. Selain itu juga menjadi ajang sosialisasi dan promosi bagi generasi muda di wilayah Papua dan Papua Barat mengenai AAL.

Latek layar taruna ini akan dilaksanakan selama 30 hari dimulai dengan rute pelayaran, dari Surabaya, Bitung, Sorong, Makassar, Tanjung Jangkar (Situbondo) dan kembali lagi ke Surabaya. 

Sedangkan untuk Taruna Korps Marinir menggunakan KRI Teluk Banten-516 dengan rute Surabaya - Tanjung Jangkar - Surabaya. Selain latihan diikuti oleh 77 Taruna Taruni AAL, juga diikuti oleh 16 anggota tetap AAL sebagai pengasuh, dibawah kepemimpinan Perwira Pelaksana  Latihan (Palaklat) Mayor laut (P) Raynold Steven Langitan.

Dirinya berharap sekembalinya dari Latek Jalayudha tersebut, taruna taruni Calon pemimpin TNI AL dapat menjadi pemimpin yang tangguh dan dekat dengan masyarakat.
Kirab Kota Taruna AAL tersebut mengambil start dari Kantor Walikota Sorong dan finish di Mako Koarmada III dan disambut langsung oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah mewakili Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M.

Juga hadir Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI Suaf Yanu Hardani bersama sejumlah pejabat Forkompimda Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Peserta kirab yang diikuti 57 Taruna Taruni AAL beserta 16 personel pendamping, Anak Buah Kapal KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355, sejumlah prajurit Koarmada III, Lantamal XIV, dan Pasmar-3 Sorong, Satbrimobda Papua Barat, Gabungan mahasiswa, gabungan SMA, dramband MAN Model Sorong, dan Drumband Poltek Pelayaran Sorong. 

Kepiawaian dan kelihaian para Taruna dan Taruni memainkan alat musik mengundang decak kagum warga di sepanjang rute mulai dari depan Kantor Walikota Sorong, di depan Masjid Al Akbar hingga Mako Koarmada III. Atraksi mereka menjadi tontonan menarik dan memukau. Apalagi saat Tambur Mayor memainkan dan melambungkan tongkatnya dengan lincah. Sontak, warga pun serempak berteriak dan bertepuk tangan.

"Atraksinya keren, lincah, dan menghibur. Senang bisa lihat langsung para Taruna ini beraksi. Anak saya juga terinspirasi ingin menjadi Taruna seperti mereka. Para prajurit Angkatan Laut juga dengan ramah memberikan berbagai informasi tentang mereka,” ujar Bapak Event asal Bintuni. *