Ratusan Liter Miras Oplosan Asal Manado Diamankan di Pelabuhan Laut Jayapura

Ratusan liter miras oplosan yang diamankan di Polsek KP3 Laut Jayapura/Humas Polresta

JAYAPURA - Anggota Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura berhasil menggagalkan penyeludupan ratusan liter miras oplosan jenis cap tikus asal Bitung, Sulawesi Utara, Minggu (10/11) pagi.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas melalui Kapolsek KPL Jayapura Iptu Joko Prayogo menerangkan ratusan liter miras asal Manado itu diamankan dari tangan tenaga kerja bongkar muat (TKBM) pelabuhan laut Jayapura saat embarkasi penumpang turun dari Kapal Motor (KM) Dobonsolo.

"Anggota yang melakukan pengamanan curiga barang bawaan milik penumpang byabg diangkat oleh salah seorang saksi dari atas kapal, saat di periksa ternyata berisikan miras lokal jenis cap tikus yang dikemas di dalam 15 karton," ucapnya Senin (11/11) pagi.

Kata Joko, pihaknya belum mengetahui siapa pemilik dari ratusan liter miras tersebut.

"Modusnya masih pakai Modus lama dengan menggunakan jasa bongkar muat. Ketika barangnya diangkat yang bersangkutan memantau dari jauh, saat di tangkap pelaku langsung kabur," bebernya.

Ia pun menduga, miras tersebut akan diedarkan di Kota Jayapura bahkan hingga luar kota, mengingat saat ini sudah mendekati perayaan Natal.

"Jelang perayaan Natal mendatang kami akan terus melakukan pengamanan extra guna mengantisipasi adanya penyeludupan barang terlarang baik dari dalam maupun luar Jayapura," tegasnya.

Saat ini terang Joko, ratusan miras tersebut telah diamankan di Mapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura guna dijadikan barang bukti.**