Meresahkan Warga, Polisi Grebek Rumah Produksi Miras Lokal di Sentani

Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura saat menggerebek pabrik minuman oplosan di Kehiran, Sentani/Istimewa

SENTANI – Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura di backup BKO Brimob Polda Sumatera Barat menggerebek sebuah rumah yang diduga sebagai tempat pembuatan Minuman Keras (Miras) lokal jenis ballo di Kehiran, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kasat Narkoba Polres Jayapura, Ipda Hotma Manurung, mengatakan, penggerebekan ini dilakukan berdasarkan laporan warga yang merasa resah dengan adanya aktivitas jual beli minuman keras ballo di lokasi tersebut.

“ Dari hasil laporan warga, kami melakukan penelusuran ke lokasi tersebut dan kami menemukan gubuk-gubuk kecil yang berfungsi untuk memproduksi miras,” katanya saat dikonfirmasi Wartaplus.com, Senin (16/9) sore.

Dari hasil penggerebekan tersebut, tim reserse narkoba berhasil mengamankan barang bukti miras lokal jenis ballo yang siap dipasarkan dan sejumlah alat yang digunakan untuk memproduksi miras lokal tersebut.

“ Ada sejumlah barang bukti yang diamankan seperti miras yang sudah jadi dan siap jual dan peralatan untuk memproduksi miras oplosan itu. Semuanya kita bawa ke polres sebagai barang bukti,” jelasnya.

Selain itu, polisi juga mengamankan satu warga dilokasi dan saat ini diperiksa sebagai saksi.

“ Ada satu orang yang diamankan sebagai saksi karena pelaku pembuat minuman oplosan ini kabur saat akan ditangkap. Tapi kami mash berupaya untuk menangkap yang bersangkutan,” tegasnya.**