Pol Airud dan Basarnas Papua Bersama Doctor Share Gelar Pengobatan Gratis

Pelayanan Medis Gratis yang digelar Dit Pol Airud Polda Papua, Basarnas dan Doctor Share / Istimewa

JAYAPURA - Dit Pol Airud Polda Papua dan Basarnas Papua memberikan pelayanan medis gratis bersama Doctor Share, yang berlangsung di Dermaga Basarnas, Dok IX Jayapura, Minggu (15/9).

Jenis pelayanan medis yang diberikan yakni pengobatan umum, dokter gigi dan Operasi Minor. Operasi minor seperti Kutilan, tai lalat, Mata ikan, benjolan kecil-kecil dan daging tumbuh. Sebelum pelaksanaan operasi minor terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksa tensi, berat badan dan pemeriksaan darah lengkap.

"Kami dari Dit Pol Airud Polda Papua dan tim dari Doctor share  bersama-sama melakukan pelayan medis, kali ini kita akan melaksanakan beberapa kegiatan pelayanan medis di beberapa wilayah khususnya di masyarakat binaan Bhabinkamtibmas perairan," ujar Direktur Pol Airud Polda Papua, Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto.

Kata dia, di sepanjang pantai wilayah Jayapura, terdapat masyarakat-masyarakat binaan, khususnya masyarakat pantai dan pesisir. Untuk itu, pihaknya memulai kegiatan tersebut di Dok IX Jayapura. 

"Diharapkan masyarakat di sekitar Dok IX, Dok VIII dan sekitarnya bisa datang bergabung disini untuk mendapat pelayanan medis gratis," jelasnya.

"Kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja, nantinya juga kita akan melaksanakan kegiatan yang sama di Hamadi, pelayanan medis di Kampung Yongsu dan Danau Sentani. Jadi praktis dalam 1 minggu kedepan, kami bersama tim dari  doctor share dan Kapal bisma ingin memberikan sesuatu yang terbaik khususnya dalam bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat," tambahnya.

Dokter Mieke dari Doctor Share mengatakan, kegiatan ini melibatkan 18  tim doctor share yang berasal dari Jakarta dan Jayapura. Dokter yang dilibatkan yakni dokter umum, dokter gigi dan spesialis bedah. 

"Dokter ini dikoordinir langsung oleh Doctor Share untuk memberikan pelayanan medis kepada masyarakat. Tim Doctor di pimpin langsung oleh Doktor Lee Darmawan," ungkapnya.

Salah satu masyarakat yang mendapatkan pelayanan medis gratis mengucapkan apresiasi kepada Tim doctor share dan Dit Pol Airud Polda Papua, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di wilayah Dok IX saja namun di seluruh wilayah Papua yang sulit mendapat pelayanan medis terutama di wilayah pesisir pantai.

Untuk diketahui bahwa pelayanan medis gratis di Dok IX ini dilaksanakan selama dua hari mulai hari Minggu tanggal 15 September 2019 s/d hari Senin tanggal 16 September 2019 dan akan dilanjutkan di tempat yang berbeda. 

Tercatat hari ini jumlah pasien yang mendaftar untuk operasi minor sebanyak 41 orang dan pengobatan umum sebanyak 131 orang.