Pemprov Papua Bersama TNI-Polri Gelar Pengobatan Gratis untuk Masyarakat

Asisten II Bidang Kesra Setda Provinsi Papua, Muhammad Musaad bersama Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki saat meninjau kegiatan Karya Bhakti Kesehatan di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua / Istimewa

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua bersama TNI-Polri menggelar karya bhakti kesehatan gabungan atau layanan pengobatan gratis disertai pembagian sembako kepada masyarakat Kota Jayapura, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Sabtu (14/9).

Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud kemanunggalan TNI-Polri dan pemerintah daerah setempat bersama rakyat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Muhammad Musaad mengharapkan melalui kegiatan baksos in dapat membantu memulihkan situasi keamanan dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di wilayah Kota Jayapura.

"Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ini, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesar - besarnya atas kepedulian dari TNI, Polri bekerja sama dengan Pemda atas terselenggaranya Bhakti Sosial

pada hari ini, yang merupakan salah satu bentuk perwujudan kepedulian akan pembangunan di negeri ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah pada prinsipnya selalu pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, dimana masyarakat merupakan obyek sekaligus subyek pembangunan. 

"Dalam hal ini, maka paradigma sangatlah diperlukan untuk mewujudkan partisipasi masyarakat. Dengan kata lain semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan maka semakin tinggi pula Tingkat keberhasilan yang akan dicapai," terangnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat merupakan salah satu indikator utama dan menentukan dalam keberhasilan pembangunan. 

"Dalam upaya meningkatkan tingkat partisipasi ini, maka tentunya diperlukan kesamaan Visi dan aksi yang dilandasi oleh rasa persatuan dan kekeluargaan di antara kita sehingga cita-cita pembangunan dapat kita wujudkan," imbaunya.

Sementara itu, sebanyak 194 tenaga medis disediakan dalam kegiatan tersebut yang berasal dari RS Bhayangkara, RS Angkatan Laut, RS Marthen Indey Angkatan Darat dan RSUD Dok II Jayapura. Mereka dibagi pada 3 tempat yakni di Halaman Kantor Gubernur Papua, KRI Angkatan Laut di Pelabuhan Jayapura dan Terminal sementara Waena Distrik Heram Kota Jayapura.**