Sikapi Perkembangan Kamtibmas, Polres Nabire Gelar Deklarasi Damai

Kapolres Nabire, AKBP Sonny M. Nugroho saat menandatangani kesepakatan damai / Istimewa

JAYAPURA - Polres Kabupaten Nabire menggelar deklarasi damai menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Nabire yang bertempat di Aula Pemda Kabupaten Nabire, Selasa (10/9) pagi.

Hadir dalam acara Deklarasi Damai tersebut, Bupati Nabire Isaias Douw, Kapolres Nabire AKBP Sonny M. Nugroho, Dandim 1705 Paniai yang diwakili Kasdim Mayor Inf. Suprihatin, Ketua Pengadilan Nabire Erents Jannes Ulaen, Ketua DPRD Kabupaten Nabire yang diwakili Anggota DPRD Agus Rimba, Wakil Bupati Kabupaten Nabire Amirrullah Hasyim, Asisten I Setda Kabupaten Nabire La Halim, Kasat Pol PP Nabire Kompol Stev Liatpasen.

Dan Pos TNI AL Nabire Kapten Purnowihadi, Para Kepala BUPD Kabupaten Nabire, Staf Ahli Bupati Kabupaten Nabire Daniel Maipon, Rektor Uswim P. I Suripatty, Rektor Akper Nabire yang diwakili Abraham Marey, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Kepala Suku dan LSM Se-Kabupaten Nabire.

"Saya sebagai kepala suku Biak sudah 40 tahun tinggal di Kabupaten Nabire ini, perkembangan pembangunan sangat cepat sekali sehingga mari kita sama - sama menjaga ketertiban, keamanan untuk kita semua," ujar Kepala Suku Biak Numfor Kabupaten Nabire, Bapak Enos Kafiar.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakan Deklarasi Damai ini menjadi acuan untuk masyarakat Kabupaten Nabire agar kedepan lebih damai dan saling menghormati," tambahnya.

Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Pdt. Junus Mbaubedari mengajak masyarakat di Kabupaten Nabire untuk bersama-sama menaikkan ucapan syukur karema wilayah Nabire masih dalam keadaan aman, walaupun sempat ada beberapa kali kegiatan demo namun semua itu masih berjalan aman.

"Semua itu tidak terlepas dari campur tangan Tuhan yang membuat Kabupaten Nabire menjadi aman sehingga pada akhirnya apa yang kita buat hari ini menjadi suatu bagian yang secara langsung mempengaruhi seluruh kehidupan masyarakat dan umat yang ada di tanah Papua tapi juga diseluruh Indonesia," tuturnya.

Hal ini juga disampaikan oleh Kapolres Nabire, AKBP Sonny M. Nugroho, pihaknya berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Nabire yang telah memprakarsai deklarasi damai.

"Saya memohon kepada kita semua agar bersama menjaga stabilitas keamanan di Papua khususnya di kota Nabire ini dalam keadaan hidup damai dan sejahtera. Saya juga berpesan kepada kita semua agar kita saling memahami satu sama lain dan saling menghargai perbedaan suku ras dan agama, mari kita jaga bumi ini jangan sampai terjadi konflik karena kena tipuan Hoax, Tanah Papua merupakan tanah yang diberikan oleh Tuhan untuk Kita semua jaga agar menjadi aman damai dan sejahtera," tekannya.

Sementara itu, Bupati Nabire, Isaias Douw meminta kepada hamba-hamba Tuhan para Tokoh agama, para kepala suku agar bersama menjaga keamanan warga.

"Kita harus sama-sama berjuang memajukan kota kita ini agar bisa seperti kota-kota bagian indonesia lainnya, kita punya kekayaan banyak kita juga punya keterampilan orang Papua yang bisa memajukan kota ini melalui ketrampilan dan seni budaya," pungkas Bupati.*