Bupati Markus Waran Membuka Musda Suku Byak di Manokwari Selatan

Kepala suku Biak di Manokwari Petrus Makbon mendampingi Bupati Manokwari Selatan Markus Waran saat pembukaan Musda Biak di Manokwari Selatan, Sabtu (26/7)/Alberth

MANSEL- Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Markus Waran membuka secara resmi Kankain Karkara Byak atau Musyawarah Adat Biak di Kabupaten Manokwari Selatan ke-1 tahun 2019, Sabtu (26/7) siang

Kepala suku Manokwari Byak (Mananwir Bar Mnukwar) Patrus Makbon dalam sambutannya mengatakan, penduduk orang Biak di Papua Barat sangat banyak. Untuk itu melalui musyawarah adat Biak di Mansel menjadi contoh kepada suku lainnya. 

Kata Makbon, kepala suku yang akan terpilih nantinya merangkul semua masyarakat Biak untuk membantu pemerintah dalam pembangunan.

Termasuk merangkul semua suku yang ada di Manokwari Selatan. Lanjutnya, kedepan akan dilakukan musda Mananwir Bar tingkat Provinsi Papua Barat.

Dalam kesempatan itu, Petrus Makbon menyampaikan bahwa melalui musda dewan adat Byak ini mencari sosok kepala daerah yang pantas, namun Markus Waran masih pantas didukung kembali.

Sangat berkontribusi

Sementara itu, Bupati Mansel, Markus Waran dalam sambutannya mengatakan, suku Biak di kabupaten Manokwari Selatan sangat berkontribusi. 

Suku Biak telah berjasa besar kepada suku Arfak, sehingga hal semacam ini tidak bisa dipungkiri. Oleh karena itu, pesan Bupati suku Biak terus bersama pemda Mansel dalam membangun daerah. 

Dia berharap setiap persoalan adat dapat diatasi bersama dan menjaga keamanan demi kemajuan daerah Mansel.

Apalagi menurut Bupati, saat ini orang Arfak di Mansel banyak laki-laki kawin dengan perempuan Biak dan memberikan keturunan kepada orang Arfak, maka hubungan suku ini terus dijaga dan dibangun. 

"Sejarah orang Biak yang membawa perubahan besar kepada kami orang Arfak. Bahkan semenjak kami berada di kegelapan dan belum mengenal terang injil, tetapi suku Biak yang membuat kami kenal terang hingga saat ini, maka saya berterima kasih kepada suku adat Biak" kata Bupati. 

Setelah sambutan, Bupati membuka secara simbolis musyawarah adat Biak Mansel yang ditandai pemukulan tifa. 

Hadir dalam Musda yakni Mananwir Bar Mnukwar Petrus Makbon, Manfasfas Bar Mnukwar Filep Wamafma, Ketua DAP Wilayah III Doberay Papua Barat Paul Finsen Mayor, Elisa Sroyer, Frangky Wambrauw dan seluruh suku Biak di Mansel.

 

 

Caps: