Gempa Sususlan 4,4 Skala Richter Kambali Guncang Kabupaten Sarmi

Lokasi gempa di wilayah Kabupaten Sarmi/Istimewa

JAYAPURA – Gempabumi susulan dengan kekuatan 4,4 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sarmi pada Kamis (20/6) siang sekitar pukul 11.59 WIT.

Kepala Balai Besar Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, mengatakan, gempa susulan 4,4 SR terjadi pada koordinat 1.78 LS – 138.60 BT dengan jarak 18 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Sarmi dengan kedalaman 15 kilometer.

“Dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Kabupaten Sarmi dalam skala intensitas III MMI,” kata Petrus Demon Sili, Kamis (20/6) siang.

Menurutnya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lajur Anjak Mamberamo yang melintas di wilayah Kabupaten Sarmi.

“Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan lain dan gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Sebelumnya pada Kamis dinihari sekitar pukul 02.24 WIT, gempabumi dengan kekuatan 6,3 Skala Richter (SR) juga mengguncang Kabupaten Sarmi yang mengakibatkan warga Sarmi panik akan terjadi tsunami dan lari kearah ketinggian. *