Timnas Indonesia U-23 Bakal Pakai Stadion Papua Bangkit Saat Uji Coba Dengan Iran

Stadion Papua Bangkit/wartaplus.com

JAKARTA-Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri beberapa waktu lalu telah membubarkan Training Camp tahap pertama di Bali. Kendati bubar, Timnas Indonesia U-23 tetap diagendakan menjalani sejumlah laga uji coba. Pertandingan uji coba sekaligus dalam rangka persiapan Timnas Indonesai U-23 mengahadapi SEA Games 2019 yang dihelat Desember mendatang. Terkait agenda Timnas Indonesia U-23, pelatih Indra Sjafri mengungkapkan pihaknya timnya memang masih menyimpan sejumlah laga uji coba.

Menurutnya yang terdekat Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga uji coba menghadapi timnas U-23 Iran. Menariknya, laga Timnas Indonesia U-23 melawan Iran U-23 akan dilaksanakan dua kali di dua tempat. Indra Sjafri mengungkapkan Timnas Indonesia U-23 berkesempatan menjajal lapangan di luar pulau Jawa saat menghadapi Iran.

Ia menyampaikan pertandingan pertama Timnas Indonesia U-23 melawan Iran U-23 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Setelah bermain di Jakarta, uji coba Timnas Indonesai U-23 akan bertanding melawan negara Asia Tengah itu di Stadion Papua Bangkit, Jayapura.

Rencana itu sekaligus kesempatan emas bagi Timnas Indonesia U-23 mencoba kualitas stadion anyar yang ada di Indonesia, tepatnya di Papua. Papua memiliki stadion baru yang dinamakan Stadion Papua Bangkit.

"Nanti kalau tidak salah ada uji coba Internasional melawan timnas U-23 Iran ya," kata Indra Sjafri kepada awak media  Kantor Nendia Primarasa, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019). "Kalau tidak salah kami akan bermain di SUGBK dan Stadion Papua Bangkit," ucap Indra Sjafri seperti yang dikutip wartaplus.com dari BolaSport.com.

 Untuk lebih jelasnya, pelatih asal Sumatera Barat itu meminta awak media untuk konfirmasi kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha, terkait uji coba tersebut. Indra Sjafri hanya mengatakan kemungkinan besar uji coba tersebut digelar pada September mendatang atau saat FIFA Matchday. "Rencana uji cobanya September, tapi coba tanya Ibu Sekjen pastinya ya. Saya sih sudah diinfokan soal uji coba tersebut," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri melanjutkan uji coba melawan Iran sesuai permintaan dari PSSI. Mantan pelatih Bali United itu menyambut baik uji coba tersebut karena bisa mematangkan taktik dan strategi skuat Garuda Muda.

"Ya uji coba ini saran bersama. Saya juga sempat meminta kepada PSSI kalau FIFA Matchday itu bisa tidak laga keduanya yang bermain timnas U-23 Indonesia, tapi kebanyakan tim tidak mau," ucap Indra Sjafri. Uji coba kontra Iran sebagai salah satu persiapan timnas U-23 Indonesia untuk tampil di SEA Games 2019 yang digelar pada Desember mendatang.

Bukan tanpa alasan jika PSSI merencanakan Timnas Indonesia U-23 bermain di stadion baru yang letaknya di Timur Indonesia. Laga Timnas Indonesia U-23 sekaligus untuk meresmikan kehadiran Stadion Papua Bangkit. Stadion ini merupakan venue utama yang nantinya kan digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.*