Apel Siaga Lebaran, Personil SAR Biak Diminta Junjung Tinggi Profesionalitas dan Disiplin

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Melkianus Kotta saat memeriksa kesiapan tim SAR yang akan melakukan pengamanan angkutan lebaran 1440 hijriah di halaman kantor SAR Biak, Senin pagi/Istimewa

JAYAPURA – Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak menggelar Apel Siaga SAR Lebaran dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

Apel siaga yang dipimpin Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Melkianus Kotta ini dilaksanakan di halaman kantor  SAR Biak yang berada di jalan Mandala Biak Kota , Kabupaten Biak Numfor, Senin (27/5) pagi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Melkianus Kotta kepada Wartaplus.com mengungkapkan, apel siaga lebaran bertujuan untuk memantau kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia (SDM) tim rescue, dan peralatan SAR yang terdiri dari peralatan SAR darat, SAR laut dan tim medis yang disiapkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan siaga SAR tahun ini.

“Siaga SAR khusus arus mudik lebaran ini bertujuan untuk terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, handal dan handal untuk mendukung unsr terkait dalam pemantauan jalur mudik angkutan lebaran,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Melkianus Kotta saat dikonfirmasi Wartaplus.com, Senin (27/5) sore.

Dikatakan, siaga SAR lebaran tahun 2019 ini dilaksanakan dalam rangka menjamin dan memudahkan koordnasi dan pengerahan potensi SAR di seluruh wilayah yang menjadi tanggung jawab kantor SAR Biak untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pesawat udara, kecelakaan kapal, bencana dan kondisi yang membahayakan jiwa.

Melkianus Kotta menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan siaga SAR lebaran tahun 2019, pihaknya mengerahkan 79 personil yang terbagi dalam 4 regu untuk melakukan pemantauan secara bergiliran yang dilengkapi dengan perlengkapan SAR darat maupun laut.

“Untuk personil yang kami siagaan selama lebaran idul fitri 1440 hijriah ini berjumlah 79 orang yang dibagi dalam 4 regu dan akan ditempatkan di kantor SAR Biak, pos SAR Nabire, pos SAR Serui dan unit siaga SAR Kabupaten Supiori,” ujarnya.

“Para personil akan dilengkapi dengan perlengkapan laut seperti 1 unit KN Wibisana, 1 unit RIB, 6 unit Raber Boat dalam kondisi siap. Sementara alut darat ada 2 unit rescue truk dan 2 unit rescue car dengan peralatan lengkap,” terangnya.

Mantan kepala SAR Jayapura ini mengingatkan kepada para personil SAR Biak yang bertugas harus menjalankan tugas dengan profesional, disiplin tinggi dan mengutamakan keselamatan.

“Harapan kita agar seluruh personil yang bertugas tetap semangat, dan bekerja sesuai dengan SOP sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran,” harapnya. *