Gubernur Minta Kepala Daerah Hingga Kepala Kampung Dukung Percepatan Eliminasi Malaria

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan foto bersama saat menghadiri pertemuan di hari malaria sedunia/Albert

MANOKWARI- Untuk memastikan Provinsi Papua Barat bebas penyakit malaria, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berpesan kepada kepala daerah, kepala distrik dan kepala kampung di kabupaten, kota agar berkomitmen dan memberi dukungan sumber daya untuk percepatan eliminasi malaria.

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal agar kita segera bebas malaria, maka kepala daerah, kepala distrik, dan kepala kampung perlu berkomitmen dan memberi dukungan sumber daya yang diperlukan dalam pelaksanaan percepatan eliminasi malaria," pesan Gubernur Dominggus, Kamis (2/5/2019).

Tidak hanya itu, Dominggus berharap agar mengalokasikan dana kampung untuk dilakukan pertemuan pemberdayaan masyarakat, kerja bakti menjaga lingkungan dan meningkatkan kapasitas kader.

Dengan demikian semua jenjang pelayanan kesehatan seperti rumah sakit umum milik pemerintah dan swasta, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu dan fasilitas kesehatan, baik pemerintah maupun swasta lainnya wajib membentuk dan memastikan berfungsinya sistem pelayanan dan manajemen program malaria agar mampu memberikan informasi dan pelayanan yang bermutu sesuai standar untuk mendukung pelaksanaan percepatan bebas malaria.

Kemudian seluruh kelompok fungsional seperti Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, kelompok dunia usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Sekolah dan Universitas, serta Organisasi Profesi perlu mendukung pelaksanaan percepatan eliminasi malaria.

"Seluruh keluarga mampu mengenal, mencegah dan mengatasi gejala dini malaria serta mampu membuat keputusan untuk mencari pertolongan segera jika terinfeksi atau merasa terinfeksi penyakit malaria untuk mendukung pelaksanaan percepatan bebas malaria. *