Gubernur Ingatkan Kepala Daerah di Papua Barat Tentang Sensus Penduduk OAP

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Wagub Mohammad Lakotani foto bersama forkopimda/Albert

MANOKWARI- Sensus penduduk orang asli Papua (OAP) harus disingkronkan dengan sensus penduduk Nasional. Hal itu disampaikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan pasca-membuka rapat kerja para bupati dan wali kota se Papua Barat di Teminabuan, Sorong Selatan.

Di samping itu, memperhatikan batas wilayah administrasi antarkabupaten, kota se-Papua Barat sesuai kesepakatan bersama pada tahun 2018 di Kabupaten Raja Ampat.

Dalam arahannya, Gubernur mengajak semua kepala daerah agar memperhatikan dan bersama-sama berantas masalah sosial seperti maraknya Narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, lem aibon dan miras sebagai pemicu kekerasan di tengah masyarakat.

Sementara itu mewakili kepala daerah di acara pembukaan raker, Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran mengingatkan tentang kesulitan pelayanan distrik terjauh dengan kesulitan letak geografis.

Kemudian infrastruktur jalan antardaerah di Papua Barat, kata Waran, menjadi kesulitan dalam pelayanan masyarakat di kampung-kampung, maka jalan trans Papua Barat harus diprioritaskan agar mempermudah akses pelayanan masyarakat. *