Kombes Kamal: Situasi Kamtibmas Kondusif Tidak Terlepas dari Peran Masyarakat

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal/Wartaplus

JAYAPURA,- Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Papua yang telah turut serta menjaga situasi Kamtibmas di Papua kondusif sejak memasuki perayaan Natal hingga pergantian tahun baru.

"Wilayah Kamtibmas di Polda Papua alhamdulilah kondusif sejak memasuki perayaan Natal hingga tahun Baru 2019. Semua itu tidak terlepas dari kerjasama semua lapisan masyarakat yang ada," ungkap Kamal ketika ditemui di Mapolda Papua, Rabu (2/1) siang.

Kata Kamal, dalam menjaga situasi Kamtibmas jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Polda Papua telah menyiapkan 1750 personil gabungan yang telah disebarkan di beberapa titik guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Perlu kami tegaskan bahwa kami telah siapkan 1750 personil gabungan untuk kita gelar di titik-titik tempat ibadah dan keramaian, tempat perbelanjaan serta tempat wisata, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas entah malam perayaan natal, hari natal, malam tahun baru serta liburan berjalan aman dan nyaman," tuturnya.

Ia pun tidak memungkiri ada beberapa kejadian, namun hal tersebut tidak mempengaruhi situasi Kamtibmas di wilayah lainnya.

"Kami tidak pungkiri ada kejadian di beberapa wilayah, namun itu sudah ditangani dan tidak membiasakan, contohnya di Wamena kasus curas yang mengakibatkan Penderta meninggal namun pelaku sudah ditangkap, sedangkan di Timika pembubaran tempat KNPB," terangnya.

Ia pun berharap ke depannya situasi Kamtibmas di wilayah Hukum Polda Papua terus berjalan kondusif sehingga terciptanya keamanan dan kenyamanan untuk seluruh masyarakat.

"Kami harap kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga sitkamtibmas tetap kondusif, karena tidak serta merta hanya polisi jangan menjaga, tatapi masyarakat pun juga punya tanggung jawab yang sama," harapnya. *