Frakmen Natal Anak Jalanan dan Pecandu Aibon Gugah Hati Ibu Yuliana Mandacan

Ibu Yuliana Mandacan membakar lilin Natal bersama anak-anak jalanan dalam perayaan Natal bersama/Albert

MANOKWARI,- Parlemen jalanan di Kabupaten Manokwari Ibu Kota Provinsi Papua Barat merangkul 400 anak jalanan dan pecandu lem aibon di dalam kota Manokwari untuk natal bersama Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Ibu Yuliana Mandacan.

Natal anak jalanan yang berlangsung di kediaman Gubernur Papua Barat, Susweni, Kabupaten Manokwari, Jumat (13/12) itu tampak sangat antusias anak jalanan dalam perayaan sederhana, tapi meriah dan menghibur.

Panglima Jalanan Provinsi Papua Barat, Ronald Mambieuw bahwa 400 anak jalanan ini hadir dari beberapa lingkungan seperti di Sanggeng Raya merupakan rangkulan Carlos Baransano dan Roby Kambu.

Wosi Raya rangkulan Jorgen Sanadi, Wisri Arkuki rangkulan Ishak Mansawan, Brawijaya raya Yan Arwam, dan Amban, Mulyono dan lingkungan lainnya langsung dibawa tanggung jawab Panglima Parjal.

Termasuk di dalamnya lingkungan yang sering menjadi tempat perkumpulan anak jalanan, termasuk pecandu lem aibon dirangkul pada perayaan natal.

"Jadi, anak jalanan ini mereka merupakan pembinaan Parjal selama ini. Bahkan secara kasat mata mereka ini terabaikan dari sisi SDM (sumber daya manusia), termasuk edukasi mereka sangat terbatas. Namun dari sisi pembinaan Parjal, maka mereka ini kami rangkul untuk ikut natal bersama gubernur dan ibu," kata Mambieuw, Sabtu (15/12).

Parjal juga berterima kasih kepada Gubernur dan ibu yang sudah bersedia natal bersama anak jalanan ini, artinya dalam sejarah karena seorang kepala daerah setingkat Gubernur mau merayakan natal dengan anak-anak yang secara finansial mereka kurang.

Kata Mambieuw, seharusnya natal parjal dilaksanakan sendiri, namun niat baik ibu Yuliana Mandacan sehingga perayaan ini dilaksanakan bersama-sama.

Di sela-sela natal bersama itu kelompok anak jalanan dari Gabungan Anak Swapen (GAS) memainkan frakmen yang menceritakan tentang "Pilu Kehidupan Arai". Makna dari natal itu menggugah tamu undngan hingga ibu Mandacan pun teteskan air mata.

Perayaan natal anak jalanan dan pecandu lem aibon dihadiri pula Gubernur, Wagub, pendeta, pengurus Parjal, koordinator PAM Klasis Manokwari, dan tamu undangan lainnya. *