Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Tehnik Pertolongan Korban Kecelakaan di Perairan

Foto bersama anggota SAR dengan Bupati Kabupaten Sarmi, Eduard Fonataba, dan sejumlah forkopimda/Istimewa

SARMI,- Sebanyak 43 peserta dari unsur potensi SAR yang ada di Kabupaten Sarmi mengikuti pelatihan tehnik pertolongan korban kecelakaan di wilayah perairan (water rescue) yang digelar Kantor  SAR Jayapura, Kamis (6/12) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Sarmi, Eduard Fonataba, Danramil 01 Sarmi, Kapten Inf Suharman, Kasat Pol Air Sarmi, Iptu Anthon Sarwom dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Sarmi.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Sarmi, Eduard Fonataba, memberikan apresiasi kepada Kantor SAR Jayapura yang memberikan pelatihan kepada potensi SAR di Kabupaten Sarmi. Ia berharap agar melalui pelatihan yang diberikan, potensi SAR yang ada di Kabupaten Sarmi memiliki kemampuan dan keterampilan di dalam memberikan pertolongan di perairan.

"Semoga dengan pelatihan ini seluruh unsur potensi SAR bisa memahami dan mengerti cara memberikan pertolongan di air secara profesional, yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)," ujarnya dalam rilis yang diterima Wartaplus.com, Kamis (6/12) malam.

"Selain itu dapat meningkatkan sinergitas antarsesama potensi SAR sehingga operasi penyelamatan yang dilakukan berhasil dan mampu menyelamatkan korban yang membutuhkan pertolongan," sambungnya.

Sementara itu Kepala Kantor SAR Jayapura Putu Arga Sujarwadi, mengatakan dengan latihan potensi  dapat meningkatkan sinergitas dan berkordinasi dalam pelaksanaan operasi dimanapun sekaligus menjadi potensi bila dibutuhkan dalam ops SAR.

"Harapan kita adalah seluruh peserta ini menambah pengetahuan dalam pertolongan di air, sehingga dalam operasi SAR yang dilakukan bisa berhasil dengan kerjasama yang baik antar pihak," harapnya.

"Dengan pelatihan ini diharapkan para peserta mampu memahami pentingnya faktor keselamatan saat beraktivitas di wilayah perairan serta memiliki kemampuan untuk menolong diri sendiri dan juga orang lain," tandasnya. *