Ditanya 1 Desember, Gubernur dan Kapolda Papua Barat Jamin Aman

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja/Albert

MANOKWARI,- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengklaim Papua Barat aman pada 1 Desember 2018. Untuk itu ia minta tidak boleh ada kegiatan dalam bentuk apapun, terkecuali ibadah, asal tidak mengganggu situasi keamanan.

"Jadi, kalau ibadah silakan saja asal tidak ada kegiatan yang menggangu situasi Kamtibmas di daerah Papua Barat," tegas Dominggus Mandacan, Rabu (28/11) di Mapolda Papua Barat.

Kembali ditegaskan Gubernur bahwa situasi keamanan pada 1 Desember dijamin aman dan semuanya diserahkan kepada TNI, Polri. "Masalah keamanan diserahkan sepenuhnya kepada Kapolda," ucap Dominggus.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Gubernur sudah menyatakan 1 Desember aman, maka Polda tidak perlu khawatir.

Hanya saja, kata Kapolda, kewaspadaan tetap dilakukan. Apalagi masalah keamanan tetap dilakukan dan mereka tidak mungkin tidur. "Jadi, kalau Gubernur bilang aman, maka tidak boleh ditanyakan dan dibicarakan lagi tentang 1 Desember," singkat Kapolda kepada awak media.

Agar diketahui bahwa setiap 1 Desember dianggap sebagai hari bersejarah di Papua, dimana  kelompok organisasi Papua merdeka (OPM) akan melaksanakan ibadah sebagai peringatan Papua di bawah administrasi Koloni Belanda. *