Kepala Suku Biak di Teluk Bintuni Dikukuhkan Mananwir Kabupaten Biak

Prosesi upacara adat pada pengukuhan kepala suku Biak di Teluk Bintuni, Sabtu (24/11)/Albert

TELUK BINTUNI,- Kepala Suku Biak Di Kabupaten Teluk Bintuni, Ekber Fakdawer, SH dikukuhkan oleh Mananwir Biak Apolos Sroyer. Selain pengukuhan kepala suku Biak, juga pembukaan musyawarah daerah (Musda) ke-1 Bindara Teluk Bintuni.

Untuk diketahui bahwa Bindara singkatan dari (Biak, Numfor, Doreri, Amberbaken, Roon dan Raja Ampat). Hadir di tengah pengukuhan suku besar wilayah Teluk Bintuni, perwakilan 7 suku dan suku nusantara lainnya, termasuk utusan perwakilan Pemprov Papua Barat.

Acara musda Bindara itu dibuka oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw. Dalam sambutannya, Petrus mengharapkan pengukuhan kepala suku Biak di Teluk Bintuni dapat memberikan kontribusi kepada pembangunan daerah.

Di samping itu, kata Petrus, keamanan daerah wajib dijaga bersama agar pembangunan daerah berjalan sesuai yang diharakan, namun juga menjaga keamanan dan kebersamaan sesama suku di daerah Teluk Bintuni lebih harmonis.

Sementara itu, Mananwir Apolos Sroyer dalam sambutan menjelaskan bahwa pembangunan daerah tidak terlepas dari kekompakan suku Biak atau Bindara untuk membangun daerah ini.

"Jadi, yang terpenting adalah keamanan dijaga bersama-sama agar pembangunan ini lebih maksimal, sebab tanpa dukungan suku Biak, maka pembangunan tidak akan berjalan tanpa suku-suku di daerah ini," pesan Sroyer.

Acara pengukuhan kepala suku Biak dan musda Bindara berlangsung di gedung serba guna (GSG) Teluk Bintuni, Sabtu (24/11). Tampak hadir para mananwir Biak, insos-kabor, para mambri, dan tamu undangan lainnya. Proses pengukuhan kepala suku Biak di Teluk Bintuni dilaksanakan melalui upacara adat Wor. *