Yohanes Akwan: Konservasi WWF Harus Ada Asas Manfaat Bagi Masyarakat Wamesa

Tujuan Sekretaris suku Wamesa Teluk Bintuni Yohanes Akwan menerima kedatangan tamu WWF/Albert

MANOKWARI- Sekretaris suku Wamesa Teluk Bintuni Yohanes Akwan menerima kedatangan tamu WWF. Tujuan mereka terkait konservasi perairan dan kelautan di daerah Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat, Rabu (23/1/2019).

Yohanes Akwan menjelaskan bahwa kedatangan WWF untuk meminta dukungan dari suku Wamesa, sebab fokus kerja WWF berada di lima titik kampung yang tersebar di distrik Wamesa Teluk Bintuni.

Di hadapan pihak WWF, Akwan mempersilahkan mereka lakukan kegiatan konservasi pada titik kerja mereka, asalkan ada asas manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Jadi, silakan laksanakan kegiatan konservasi asalkan ada manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat yang menjadi fokus kerja WWF," kata Akwan, Rabu (23/1).

Kembali ditegaskan Akwan bahwa apabila tidak ada manfaat bagi rakyat setempat, maka silakan angkat kaki keluar.

Kata dia lagi, masyarakat adat setempat tidak perlu diajarkan menjaga hutan maupun laut, sebab masyarakat sudah biasa menjaga laut dan hutan adat mereka sejak lama.

Tak hanya itu, kearifan lokal itu lebih efektif dalam menjaga melestarikan dan memanfaatkan hasil alam dan sudah ada pada masyarakat sejak turun temurun. *