Buka Kerjunas Selam di Mansel, Gubernur: Ini Ajang Mencari Atlet Selam Menuju PON 2020

Pembukaan Kejuarnas Selam di Pantai Wisata Saw Miyen, Oransbari, Kabupaten Mansel dihadiri Forkopimda Papua Barat, Forkopimda Mansel, Ketua Possi Papua Barat Markus Waran, masyarakat dan tamu undangan lainnya/Albert

MANSEL,- Ketua Umum KONI Papua Barat Dominggus Mandacan membuka kejuaraan nasional Selam Fimswiming 2018 yang dilaksanakan Pengprov POSSi Papua Barat, di Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Jumat (16/11).

Pembukaan itu berlangsung di Pantai Wisata Saw Miyen, Oransbari, Kabupaten Mansel dihadiri Forkopimda Papua Barat, Forkopimda Mansel, Ketua Possi Papua Barat Markus Waran, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Gubernur Papua Barat ini mengapresiasi event olahraga khusus kejurnas Selam Papua Barat, sebab event ini akan melahirkan atlet selam Papua Barat yang siap bersaing dengan daerah lainnya.

"Jadi, event ini penting untuk mencari atlet Selam andalan Papua Barat untuk dipersiapkan menuju PON 2020 di Papua," ungkap Gubernur.

Untuk pertahankan nama baik atlet selam Papua Barat, Gubernur berharap para atlet menjaga kesehatan dan junjung tinggi sportivitas, termasuk menjaga solidaritas dan kekompakan di antara pelatih, atlet dan manajemen Possi Papua Barat.

Kata Dominggus, ke depannya atlet Selam di bawah Possi Papua Barat terus kembangkan para atlit untuk dipersiapkan mengikuti even tingkat regional, nasional dan internasional. Sebab, kata dia, even ini sangat penting untuk menjaring atlit Selam.

"Cintailah olahraga Selam dan kembangkan olahraga ini untuk mencapai prestasi lebih baik demi Papua Barat," pesan Gubernur.

Sementara itu, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana mengatakan, ajang ini membentuk karakter diri terhadap olahraga selam, yang mana kaum milenial dapat menjajal dan menggeluti dunia selam dengan wadah seperti ini.

"Ini ajang juga mencari bibit handal bagi anak muda, sebab sekarang yang memiliki kecintaan terhadap dunia selam dan membentuk karakter yang handal," ucap Lalana.

Untuk diketauhi bahwa sebanyak 5 provinsi yang ikut Kejurnas Selam Fimswkmimng ini. Untuk kategori  lomba yang ditentukan, seperti itu di harapkan Papua Barat mampu membuktikan diri bahwa daerah ini mampu untuk meraih prestasi. *