Sabtu Depan Digelar Perekaman KTP Massal Tujuh Kabupaten di Papua

Kadinsosdukcapil Provinsi Papua,Ribka Haluk/Andi Riri
JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) bakal menggelar perekaman KTP elektronik secara massal di tujuh kabupaten pada Sabtu, 10 November 2018.
 
Perekaman ini merupakan upaya pemerintah untuk terus mendorong peningkatan presentase perekaman e-KTP di bumi cenderawasih. Perekaman ini bakal dilakukan di kabupaten Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, dan Pegunungan Bintang.

“Kita akan laksanakan perekaman massal di daerah-daerah ini pada 10 November mendatang. Tiga tim dari Kementerian Dalam Negeri akan membantu kita. Namun, kami dan Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Dirjen Dukcapil sebatas hanya memfasilitasi dan mediasi saja untuk Disdukcapil tingkat kabupaten/kota untuk upaya percepatan perekaman bagi masyarakat,” ungkap Kadinsosdukcapil Papua, Ribka Haluk di Jayapura belum lama ini.

Upaya lain, kata dia, yaitu dengan masuk ke sekolah-sekolah SMA/SMK, melakukan perekaman bagi anak-anak yang telah berusia 17 tahun.

“Kita terus lakukan peningkatan perekaman bagi masyarakat, seperti halnya yang juga dilakukan Disdukcapil kabupaten/kota. Seperti halnya yang dilakukan Disdukcapil Kota Jayapura yang mulai melakukan upaya perekaman terhadap murid-murid SMA/SMK,” jelasnya.

Menurut Ribka, Disdukcapil tingkat kabupaten/kota telah diinstruksikan agar terus melakukan berbagai inovasi dalam mendorong perekaman.

“Itulah tidak heran mengapa upaya perekaman ini dilakukan dengan masuk SMA/SMK, mensosialisasikan dan melakukan perekaman terhadap murid-murid yang telah berusia 17 tahun,” jelasnya lagi.

Upaya ini, lanjut Ribka, agar daerah-daerah dengan tingkat perekaman e-KTP yang masih rendah itu setidaknya dapat didongrak persentasenya, sehingga persentase perekaman e-KTP di Papua pada umumnya pun dapat meningkat.