Kunjungi Jembatan Holtekamp dan Stadion Papua Bangkit, Gubernur Madang Puji Kepemimpinan Lukas Enembe

Gubernur Madang PNG, Peter Yama( berdasi) bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe saat meninjau pembangunan jembatan holtekamp, Senin (22/10)/Istimewa

JAYAPURA,- Gubernur Provinsi Madang, Papua Nugini (PNG), Peter Yama memuji gaya kepemimpinan Lukas Enembe yang dinilai berhasil membangun Papua terutama dalam bidang infrastruktur.

Pujian ini disampaikan Peter kepada pers saat mengunjungi pembangunan Jembatan Holtekamp, Kota Jayapura dan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (22/10).

"Saya senang dengan semua pembangunan yang dilakukan oleh Gubernur Lukas Enembe, karena dia (Lukas) punya hati untuk membangun Papua,” ucap Peter.

Dirinya  kagum melihat pembangunan stadion papua bangkit, yang menurutnya sejalan dengan kesenangan orang Papua di bidang berolahraga terutama sepak bola. 

"Orang Papua senang berolahraga, sedangkan kami di PNG belum ada fasilitas olahraga seperti ini," akunya.

Peter mengaku, dalam kunjungannya kali ini telah melihat pembangunan luarbiasa di ibukota provinsi Papua.

"Saya sudah melihat semua pembangunan di Papua dalam kunjungan kali ini, saya merasa kagum dan bangga, seorang Gubernur Lukas Enembe bisa membangun stadion terbaik nomor dua di Indonesaia maupun jembatan yang sangat indah, itu sangat luar biasa,”pujinya.

Menurut Peter Yama, politisi yang baik adalah melakukan satu kebijakan untuk masyarakat itu adalah hal yang utama.

“Saya adalah politisi aktif di PNG dan saya banyak dengar hal yang jelek dan buruk menyangkut hak diskriminasi orang Papua, tapi hari ini saya bisa buktikan bahwa Papua di bawah kepemimpinan Lukas Enembe, banyak kemajuan pembangunan yang sangat luar biasa,”pujinya lagi.

Menurutnya,   kebebasan orang berusaha dan membangun ekonomi itu memberikan kebebasan dan kemajuan ekonomi di Papua, dan saya senang dengan kondisi seperti itu.

“Saya mau sampaikan bahwa tanah yang kita miliki ini adalah tanah yang besar, tapi ketika kita meninggal hanya 6 meter tanah saja yang kita ambil. Kita tidak akan ambil semua tanah dan kekayaan besar ini bawa ke surga, kita tidak membawa bangsa yang besar ini ke surga, maka ketika kita semua masih ada diatas tanah ini, mari kita lakukan hal-hal yang baik, dan menunggu tuhan panggil dan kita pergi,”ungkapnya panjang lebar. 

Di kesempatan itu, Peter Yama juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, yang mendukung penuh kinerja Lukas Enembe dalam pembangunan di tanah Papua.

“Terima kasih kepada Lukas Enembe yang sudah melakukan hal besar dalam membangun untuk rakyat Papua,” ucapnya.

Gubernur Lukas Enembe pada kesempatan itu, menyatakan, Indonesia adalah bangsa yang besar, dan dirinya ingin semua orang bisa melihat pembangunan yang ada di Papua.

“Selama ini kita tertutup dengan PNG, dengan kita membuka akses kerjasama ini, semua orang bisa datang melihat banyak perubahan terjadi Papua,”ujarnya

Lukas Enembe juga berjanji dalam peresmian dan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, pejabat-pejabat dari PNG akan diundang.

Dia optimistis pembangunan stadion akan selesai sesuai yakni di akhir tahun.