Bertanding Tinju di Filipina, Hengky Baransano Pertahankan Nama Papua Barat di Asia Pasifik

Hengky Baransano saat bertanding tinju di kelas WBO Asia Pasifik, Minggu (14/10)/Istimewa

MANOKWARI,- Petinju asal Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat Hengky Baransano berhasil mencatat sejarah pada Tinju Asia Pasifik. Padahal, lawan berat Hengky Baransano adalah Orilie Silvestre, petinju Asal Pasifik, peringkat 4 WBO.

Lawan Hengky Baransano, adalah salah satu petinju dari anak didik Manny Pacquio asal Filipina, lawannya juga adalah peringkat kelas 4 junior WBO (word boxing organization) Asia Pasifik.

Turun pada kelas 49 kilogram junior WBO atau kelas 108 di Asia Pasifik, Hengky Baransano sudah berhasil membuktikan kemampuan anak asli Papua pada kelas Tinju Asia Pasifik mewakili Papua dan Indonesia pada umumnya.

Manager sekaligus Promotor atau (Asrouw Promotion) Hugo Asrouw menjelaskan bahwa, Hengky Baransano berbagi poin imban atau drauw 120-120 dengan lawan beratnya Olivier Silvestre saat bertanding di Filipin, Minggu (14/10) malam.

"Meski hanya berbagi poin imbang dengan lawannya, Hengky Baransano sudah membuktikan kemampuan di bidang olahraga Tinju pada Asia Pasifik sekaligus membawa nama harum Provinsi Papua Barat dan Indonesia pada umumnya," kata Hugo setelah mendapat hasil pertandingan, Senin (15/10).

Kata Hugo, turun di WBO Asia Pasifik, Hengky Baransano mencatat namanya dan menunjukkan bahwa anak-anak asli Papua tidak kalah bersaing dengan petinju luar Indonesia.

Berhasil pada Tinju Asia Pasifik, Hugo Asrouw mengucap syukur kepada Tuhan sekaligus sampaikan ucapan terima kasih kepada warga Papua Barat atas doanya.

"Juga saya sampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada sponsor Frangky Awom (Wakil Ketua DPRD Manokwari) dan Jhon Dimara (Anggota DPR Papua Barat) karena atas sponsor dana sehingga Hengky bisa bertanding ke Filipina," ungkap Hugo.

Dia menambahkan bahwa pada hasil pertandingan itu, Hengky Baransano mempertahankan peringkat kelas 5 WBO bagi Provinsi Papua Barat di Asia Pasifik.

"Usai di Asia Pasifik, tim Hengky Baransano akan menggelar pertandingan tinju Amatir di Manokwari, Papua Barat, namun Hangky Baransano dijadwalkan bertanding di Jayapura pada November 2018," jelas Hugo. *