Calon DPD RI Filep Wamafma Deklarasi Diri ke Dataran Warmare Manokwari

Calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Filep Wamafma SH.M.Hum asal daerah pemilihan (dapil) Provinsi Papua Barat mendeklarasi diri di dataran Warmare Manokwari/Albert

MANOKWARI,- Calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Filep Wamafma SH.M.Hum asal daerah pemilihan (dapil) Provinsi Papua Barat mendeklarasi diri, sekaligus tatap muka langsung dengan masyarakat Papua dan suku Nusantara di SP-3/Kampung Nimbay, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari, Sabtu (6/10).

Datang dengan kekuatan tim kerja dan relawan pemenangan di Kampung Nimbay, tim jas merah Filep Wamafma sudah dinantikan para pendukung dan simpatisan, Kepala Suku Besar Byak di Manokwari Petrus Makbon, Dr. Yohana Watopa, dan tetua orang Biak dan perwakilan masyarakat dataran Warmare di Kampung Nimbay.

Dalam perkenalan awal kepada pendukung, Filep Wamafma ternyata salah satu siswa tamatan SMA Prafi, kabupaten Manokwari. Lalu masa pendidikan dihabiskan di Manokwari hingga sekarang menjadi kepala STIH Manokwari.

Selain menceritakan pengalaman masa kecil ia menjelaskan tentang pentingnya pendidikan. Dalam kesempatan itu, Wamafma mengaku kemauannya masuk ke DPD RI meskipun maju tanpa partai politik dan memilih jalur independen, maka Wamafma datang minta dukungan kepada warga Warmare.

Di hadapan warga Kampung Nimbay, Filep menyampaikan bahwa dukungan Gubenur Papua Barat kepadanya sudah disampaikan, maka kepercayaan ini akan menjadi modal untuk bersama masyarakat Papua Barat ke Jakarta.

Pada kesempatan itu ia memaparkan motto yang mengantarnya maju sebagai calon DPD RI dapil Papua Barat, yakni, 'kita bersatu, kita kuat dan membangun'.

Kata Filep, dataran Warpramasi (Warmare, Prafi, Masni, dan Sidey) sudah suara bulat kepadanya. Di akhir dari perkenalannya, Filep juga menyatakan sikap bahwa kalau mendukung Jokowi, maka dukung Filep Wamfam karena satu paket pada pemilu tahun 2019.

"Saya tidak punya uang apa-apa, namun karena modal nekad sehingga saya beranikan diri maju dan percayaan kepada Tuhan, maka saya minta dukungan masyarakat," tutup Filep.

Deklarasi lainnya dari Yohana Watopa. Dimana ia berpesan agar masyarakat memastikan terdaftar sebagai pemilih di DPT, lalu bagi pemilih pemula memastikan sudah terdaftar sehingga jangan sampai hak memilih terabaikan.

Dilanjutkan deklarasi kepala suku Biak di kabupaten Manokwari, Petrus Makbon hadir untuk memperkenalkan Filep Wamafma kepada masyarakat di Kampung Nimbay.

Kesempatan itu, Petrus Makbon meminta dukungan seluruh masyarakat Nusantara dan keluarga besar Biak di dataran Warpramasi bersatu mendukung adik Filep Wamafma.

Makbon juga mengatakan di Manokwari raya hanya ada Filep Wamafma yang maju, maka marilah mendukung ia agar sukses di DPD RI sehingga apa yang menjadi kendala di dataran Warpramasi kedepan dapat dilihat bersama-sama.

Lebih lanjut, salah satu perwakilan Kampung Nimbay Benny Lakota menyatakan secara pribadi dukungan kepada Filep Wamfama. Namun secara masyarakat, ia juga akan duduk bersama masyarakat dan menyatakan sikap dukungan.

"Ini saya menyampaikan bahwa pertama kali ada calon DPD RI yang datang sosialisasikan diri kepada masyarakat di Kampung Nimbay," ungkap Benny.

Sedangkan kepala suku sub Biak di dataran Warpramasi Boseren juga penyampaikan dan meminta dukungan seluruh keluarga besar Biak di dataran Warpramasi serta suku Nusantara untuk mendukung Filep Wamafma.

Kata Boseren, pengalaman Filep Wamafma tidak lagi diragukan sebab wawansan sebagai pemimpin sudah sangat teruji, maka tidak salah kalau memilih Filep Wamfama. *