Bantuan Kemanusiaan 3 Kontainer Dikirim Kodim dan Polres Manokwari ke Sulteng

Bantuan sosial kemanusiaan asal Manokwari yang dikirim Dandim dan Polres Manokwari ke Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah/Albert

MANOKWARI,- Bantuan logistik sosial kemanusiaan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terus mengalir.

Salah satunya daerah Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, yang mana bantuan itu terkumpul dari masyarakat, TNI, Polri dan pemerintah setempat telah dikirim, Kamis (4/10) pukul 16.00 WIT.

Bantuan kemanusian yang terkumpul di Posko Kodim 1703/Manokwari sebanyak 3 kontainer itu resmi dilepas secara simbolis oleh Dandim 1703 Manokwari Letkol Inf Hendriek Paulus Mote, Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi dan disaksikan langsung Plt Sekda Manokwari serta wartawan se-Manokwari Raya.

Dalam sambutannya, Dandim 1703/Manokwari Letkol Inf Hendriek Paulus Mote mengharapkan bahwa melalui kegiatan penyaluran bantuan kemanusiaan ini menjadi kesatuan bingkai NKRI, secara khusus rasa memiliki dan bersosial dari masyarakat Manokwari kepada warga Palu, Donggala dan Sigi di Sulteng.

"Warga Manokwari juga dapat menunjukkan kepedulian dan empati terhadap korban gempa bumi tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, di Provinsi Sulawesi Tengah," ungkap Dandim.

Bantuan ini, jelas Dandim Mote berasal Masyarakat, TNI/Polri, lembaga vertikal dan pemerintah terkait. Ia berharap bantuan ini bisa disalurkan dan diserahkan sampai ke tempat pengungsian di Palu, Donggala dan Sigi. 

Lanjutnya, bantuan kemanusiaan tersebut sendiri berupa pakaian layak pakai dan bahan makanan (Bama). Dimana semua bantuan sosial itu adalah murni berasal dari unsur Forkopimda hingga level terbawah terlibat dalam koordinasi pengumpulan bantuan tersebut.

Sementara Bupati Manokwari Demas P Mandacan melalui Plt. Sekda Mersiyanah Djalimun mengatakan bahwa atas nama pemerintah dan masyarakat Manokwari ia mengucapkan terima kasih untuk ide dan gagasan dari TNI/Polri dalam hal ini Kodim 1703/Manokwari dan Polres Manokwari yang telah merangsang masyarakat Manokwari untuk turut memberikan bantuan kepada korban gempa di Sulteng.

"Kami berterima kasih kepada jajaran TNI/Polri yang telah berinisiatif membuka posko bantuan sosial kemanusiaan ini. Semoga bantuan ini bisa tiba disana dengan aman," ucap Plt. Sekda Mersiyanah Djalimun.

Untuk diketahui publik bahwa bantuan kemanusiaan berjumlah 3 kontainer yang akan dikirim oleh jajaran Kodim 1703/Manokwari dan Polres Manokwari. Bantuan itu di antaranya berisi 334 Koli karung besar dan kecil, beras 32 ton, kopi dan teh 16 Karton, mie Instan 1003 Karton, minyak goreng 12 karton, makanan instan dan air mineral 276 karton, obatan dan susu formula serta kaleng 50 karton, gula pasir 2 kwintal, perlengkapan bayi, perlengkapan mandi, kornet dan tikar 76 Karton, serta sarung 2 koli. *