Michael Wattimena: Pohon Sagu di Papua Barat Harus Dibudidaya

Michael Wattimena saat kunjungan kerja di Makbon, Sorong Papua Barat/Istimewa

MANOKWARI,- Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena mengharapkan tanaman pohon Sagu di Papua dan Papua  Barat dipertahankan sebagai makanan lokal Papua.

Alasan itu ia sampaikan karena Sagu yang  sudah diolah untuk menjadi papeda sudah menjadi andalan saat ini di Papua.

"Saya ini paling suka makan papeda, maka saya mendorong dan berharap pohon sagu di Papua Barat harus dibudidaya sehingga dipertahankan sebagai makanan lokal Papua kedepannya" kata politisi Demokrat itu usai melakukan kunjungan kerja di Makbon, Sorong Papua Barat.

Kata Bung Michael Wattimen sapaan BMW, Papua dan Papua Barat terkenal dengan tanaman pohon sagu, namun semakin terkikis habis karena pembukaan lahan untuk perkebunan dan lahan untuk perumahan. Akibatnya berpengaruh terhadap tanaman pohon sagu saat ini.

Ditanya solusinya, ia berharap harus mempertahankan tanaman pohon sagu di Papua Barat dengan cara dibudidaya. Dengan demikian tanaman pohon sagu akan dipertahankan sebagai makanan pokok asli Papua.

"Kalau pohon sagu tidak dibudidaya, maka bisa punah. Apalagi semakin berkembang daerah, maka berdampak pulau pada tanaman sagu kita" sebut Wattimena kepada wartaplus, Sabtu (21/9).

Untuk Papua Barat, Wattimena  menyarankan kepada pemerintah agar bersama masyarakat budidaya tanaman pohon sagu. Apalagi pohon sagu kalau ditanam paling lama tumbuh. *