Wujudkan Pengembangan Sektor Pariwisata Papua Barat Agar Mandiri

Anggota DPR RI asal daerah Papua Barat Jimmy Demianus Ijiie/Albert

MANOKWARI,- Anggota DPR RI asal daerah Papua Barat Jimmy Demianus Ijiie mengatakan moto Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat adalah 'membangun dengan hati mempersatukan dengan kasih'. Moto ini harus diwujudnyatakan kepada rakyat Papua Barat melalui pengembangan sektor pariwisata agar Papua Barat hidup mandiri.

Menurut Jimmy bahwa hentikan budaya sumkonsuptif yang mau menghabiskan dana otsus, maka Provinsi Papua Barat harus menghasilkan uang dan mandiri tanpa mengharapkan dana otsus.

Berkaitan dengan itu, maka sektor Pariwisata Papua Barat disertai sektor lainnya seperti ekonomi jauh lebih baik untuk menghasilan pendapatan asli daerah (PAD) dan bisa mandiri tanpa harus mengharapkan APBD dan APBN.

Era sekarang ini diistilahkan dengan the blue gold in the gold. "Kita bicara tentang emas dan alam Papua kita, maka pemerintah harus memberikan alokasi anggaran untuk memajukan sektor Pariwisata," kata Jimmy saat memberikan materi kepariwisataan di Manokwari Papua Barat, Senin (27/8).

Jimmy membandingkan dengan provinsi lain di indonesia mampu hidup mandiri dari sektor Pariwisata, misalnya Bali, Nusantara Tenggara Barat (NTB), Nusantara Tenggara Timur(NTT) bahkan di NTT tepat di Labuan Bajo ada kamar hotel yang seharga Rp 3 miliar semalam, bahkan sangat laku karena didatangi artis dunia.

Terus tanya Jimmy, kenapa Papua Barat tidak bisa, padahal potensi kepariwisataan Papua Barat jauh lebih bagus, misalnya di Raja Ampat dan daerah lainnya?

Untuk memajukkan sektor pariwisata ini, saran Jimmy harus ada perubahan perilaku masyarakat dalam pengembangan sektor Pariwisata, maka pemerintah harus melakukan pendekatan kultur dan mengubah perilaku masyarakat.

"Rubah perilaku masyarakat dari hidup sehat, bersih, ramah lingkungan, sopan dan ramah dalam menjaga keamanan serta memberikan jaminan keamanan kepada setiap wisatawan" katanya.

Kemudian bagaimana memajukan sektor dengan unfrastruktur yang menjamin kenyamanan bagi wisatawan,  maka apa yang harus dibuat? Yah, pemerintah Papua Barat jangan habiskan anggaran untuk hal-hal yang tidak menguntungkan, tetapi gelontorkan anggaran untuk pengembangan sektor Pariwisata Papua Barat.

"Budaya makan pinang dan meludah sembarang harus dirubah, artinya menjaga kebersihan memang harus diperlukan agar memberikan jaminan kepada masyarakat khusus wisatawan, lalu buat pesan agar orang Papua itu bersih. Dan budaya memakan pinang tidak dilarang karena itu adalah budaya orang asli Papua sejak jaman dulu, namun imeg budaya bersih orang Papua harus dijaga" tambah Jimmy. *