Festival Budaya Biak 2024 Lestarikan Keaslian Seni Budaya Suku Biak

Salah satu chef menyajikan makan salad ikan tuna dan sashimi (makan ikan mentah khas Jepang) pada kegiatan Generasi Biak Numfor 2024 diselenggarakan SMKS YPK 1 Pariwisata Biak, Minggu (28/04/2024).ANTARA/Muhsidin

BIAK,wartaplus.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut kegiatan Festival Budaya Biak 2024 untuk menjaga pelestarian seni budaya daerah suku Biak.

"Festival Budaya Biak diagendakan berlangsung 23-26 Mei 2024 menampilkan kuliner, atraksi seni budaya, musik hiburan dan makan ikan tuna," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun di Biak, Minggu.

Ia mengatakan, untuk ajang festival budaya Biak dipertontonkan sejumlah atraksi khas Biak,seni tari tradisional Wor, Yospan, musik hiburan dan berbagai parade seni budaya daerah.

"Harapan Dispar dengan adanya sejumlah festival yang sudah diprogramkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke pulau Biak," harap Onny.

Ia mengatakan, selama 2024 telah diprogramkan enam event pariwisata Biak di antaranya Festival Budaya Biak, Festival Munara Wampasi, Festival Makan Ikan Tuna, Festival Harmoni Nusantara, Parade kapal layar wisata Internasional dan Sail Teluk Cenderawasih (STC).

Onny berharap, adanya dukungan dari semua pemangku kepentingan, masyarakat adat, organisasi perangkat daerah terkait serta budayawan dan seniman. "Dukungan ini guna menyukseskan program pariwisata pada 2024 di Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Disinggung target enam event pariwisata Biak Numfor, menurut Onny, semua agenda pariwisata diharapkan dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses hingga selesai.

"Kegiatan pariwisata Biak bisa menarik minat kunjungan wisatawan ke Biak Numfor sehingga berdampak terhadap perekonomian daerah dan memberikan pendapatan terhadap masyarakat lokal, jasa perhotelan dan penerimaan pajak daerah," katanya.

Berdasarkan data pada Sail Teluk Cenderawasih 2023 jumlah kunjungan wisatawan ke Biak mencapai 6.500 orang dengan perputaran uang Rp79 miliar.