Agus Rawa Kogoya Imbau Masyarakat Tolikara Tahan Diri dan Jaga Kedamaian Selama Perhitungan Suara

Tokoh Masyarakat Wilayah Pegunungan Papua Agus Rawa Kogoya (Tengah)/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Agus Rawa Kogoya selaku Tokoh Masyarakat Wilayah Pegunungan Papua dan khususnya di Kabupaten Tolikara menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tolikara yang bermukim di wilayah Kabupaten/Kota Jayapura dan Keerom, untuk menghargai dan mendukung jalannya tahapan Pemilu 2024 dengan tetap menjaga suasana yang damai, rukun dan tertib.

"Saya minta masyarakat Papua khususnya dari Tolikara jangan terprovokasi dengan informasi yang berkaitan dengan perkembangan pentahapan Pemilu 2024 di Papua, karena saat ini memasuki tahap rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi. Jadi semua harus tetap tenang dan menahan diri untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan banyak orang," katanya, Senin (18/3/2024). 

Dijelaskan Agus, setelah Pemilu berlangsung, saat ini KPU tingkat provinsi tengah melakukan proses rekapitulasi perhitungan suara secara berjenjang, yang tentunya dibutuhkan waktu dan ketelitian. 

"Maka itu, mari kita semua serahkan sepnuhnya pentahapan Pemilu 2024 ini kepada pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu serta aparat kemanan TNI dan Polri, agar pentahapan pemilu dapat terlaksana dengan aman dan lancar sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin Papua yang berjiwa membangun serta mensejahterakan masyarakat di tanahnya," tegas dia. 

Ketika ada temuan permasalahan atau indikasi kecurangan serta pelanggaran, kata Agus, masyarakat harus menyikapinya dengan bijak, yakni tetap mengacu pada ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

"Semua ada mekanisme dan aturan, dan silahkan persoalan itu nantinya disampaikan melalui alur penanganan pelanggaran yang sudah disiapkan," tandasnya.