Anggota Basarnas Jayapura Meninggal Dunia Saat Menyelamatkan Seorang Warga

Tim Basarnas dan warga sedang menyaksikan evakuasi yang dilakukan korrban terhadap warga yang hendak bunuh diri dari atas Tower Telkomsel di Sabron Yaru/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Seorang anggota Basarnas Jayapura bernama Tri Sudarno, meninggal dunia setelah terjatuh dari salah satu Tower Telekomunikasi Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/03/2024).

Saat itu korban hendak membantu evakuasi seorang warga berinisial TY (21) yang hendak melakukan percobaan bunuh diri dari atas tower.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/03/2024) mengatakan, korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Yowari, namun nyawanya tidak terselamatkan karena mengalami luka dan patah tulang. Sementara TY, pelaku percobaan bunuh diri, masih menjalani perawatan di RS Yowari Doyo Sentani.

Sementara itu, Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa kecelakaan kerja tersebut berawal saat pihaknya menerima laporan dari warga bahwa TY akan melakukan percobaan bunuh diri di Tower Telkomsel Gunung Sabron Yaru.

"Setelah menerima laporan, patroli dari Polsek Sentani Barat langsung bergerak menuju TKP untuk melakukan negosiasi dengan pelaku," ungkap Kapolres.

Namun, negosiasi tidak berhasil, sehingga Tim Basarnas yang dipimpin oleh Tri Sudarno dikerahkan untuk melakukan penyelamatan.

Saat evakuasi, TY melakukan perlawanan, dan akhirnya, keduanya terjatuh dari tower. Tri Sudarno mengalami patah tulang di bahu dan tangan kanan serta cedera kepala yang fatal.

"Saat tiba di RS Yowari, anggota Basarnas dinyatakan meninggal dunia, sementara pelaku bunuh diri masih dalam penanganan medis. Saya selaku Kapolres mewakili staf dan Bhayangkari turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga keluarga diberikan ketabahan," ungkap Kapolres.**