Bantu Kembangkan UMKM Mama Papua, Polres Jayapura Bangun Galeri Kerajinan Noken

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen berfoto bersama mama Papua di depan galeri noken yang baru diresmikan/Humas Polres jayapura

JAYAPURA, wartaplus.com - Bantu Mama Papua dalam mengembangkan produk UMKM mereka, Polres Jayapura membangun galeri noken di Kampung Hiansip, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura, Papua.

Peresmian berlangsung Senin (22/04/2024) yang ditandai dengan penyerahan kunci oleh Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A  Maclarimboen, S.IK , MH.

Noken merupakan salah satu hasil kerajinan Papua yang mendunia, tas unik tradisional yang terbuat dari serat kulit kayu, biasanya dari kayu pohon nenduam, pohon nawa, atau anggrek hutan. Ditetapkan sebagai hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO pada tanggal 04 Desember 2014 silam.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A  Maclarimboen mengatakan, pembangunan galeri noken ini sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, khususnya mama-mama Papua yang terus menjaga dan memperhatikan keindahan warisan budaya tersebut hingga kini.

"Tas noken merupakan identitas kami sehingga harus dilestarikan," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya galeri noken ini mama Papua dapat memakainya untuk penyimpanan ataupun tempat pemasaran nantinya.

"Noken harus bisa dikembangkan dan dimanfaatkan karena potensi dari tas noken menjadi sesuatu yang bernilai tambah dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat setempat," tukasnya.**