Empat Orang Meninggal Dunia Usai Konsumsi Miras Oplosan di Asmat

Kapolres Asmat, AKBP Agus Hariadi saat mengunjungi korban keracunan miras oplosan di rumah sakit/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Empat orang warga dilaporkan meninggal dunia dan 64 lainnya dirawat di rumah sakit usai mengkonsumsi minuman keras oplosan di Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Kapolres Asmat, AKBP Agus Hariadi, mengatakan, kejadian ini bermula saat seorang warga menemukan ratusan botol miras oplosan tak bertuan mengapung di muara. Miras itu lalu dibawa ke kampung dan dibagikan untuk dikonsumsi bersama. 

"Info yang kami terima bahwa miras ini ditemukan salah satu warga di muara kemudian dibawa pulang dan dibagikan kepada warga untuk dikonsumsi bersama," kata Kapolres AKBP Agus Hariadi ketika dikonfirmasi pada Sabtu (24/2/2024) malam.

Akibat mengkonsumsi miras oplosan itu, 68 orang harus dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan medis. Namun akhirnya 4 orang meninggal dunia.

"Ada 68 orang yang masuk IGD. Namun empat orang meninggal dunia. Dugaannya mereka mengkonsumsi dalam keadaan banyak," jelas Kapolres. 

"Kemudian dari 64 orang itu, ada 57 yang menjalani rawat jalan, sementara tujuh orang masih menjalani rawat inap. Tapi kondisi mereka yag rawat inap sudah membaik dan akan segera pulang dalam waktu dekat," sambungnya.

Kapolres menambahkan, saat ini pihaknya tengah menyelidiki pemilik miras oplosan itu. 

"Kita masih menyelidiki pemilik miras oplosan itu karena informasi yang kami terima bahwa miras itu ditemukan mengapung di muara tampa pemilik," pintanya. (**)