Satgas Damai Cartenz Amankan Satu Anggota KKB Puncak

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno menunjukkan foto anggota KKB Alenus Tabuni yang ditangkap di Puncak/Humas DC

JAYAPURA, wartaplus.com - Satgas Ops Damai Cartenz- 2024 mengamankan satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak bernama Alenus Tabuni alias Kobuter, Minggu (18/02/2024).

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol . Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K.,M.H., dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/02/2024) mengatakan, Kobuter ditangkap saat sedang berada bersama warga di depan Puskesmas Ilaga, Puncak.

Dalam penangkapan itu, personil juga turut mengamankan barang bukti berupa ponsel, sejumlah uang dan sebuah kikir besi.

“Tim Kami dari Satgas Ops Damai Cartenz wilayah Puncak telah mengamankan satu anggota KKB yaitu, Alenus Tabuni alias Kobuter. Ia diamankan didepan Puskesmas Distrik Ilaga saat bergabung dengan sekelompok masyarakat yang sedang berdiri didepan puskesmas tersebut," kata Faizal.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH., mengatakan, kronologi penangkapan berawal ketika tim Satgas Damai Cartenz sedang melakukan  pemantuan disekitaran Ilaga, ibukota kabupaten Puncak tepatnya di area perempatan Koramil  dan mendapatkan informasi yang mengarah kepada sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas Distrik Ilaga.

“Anggota kami langsung mendatangi sekelompok masyarakat yang sedang berdiri didepan puskesmas tersebut dan mengamankan anggota KKB, Alenus Tabuni alias Kobuter dan saat ini yang bersangkutan telah diamankan di Polres Puncak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Bayu.

Ia berharap, partisipasi masyarakat dalam melaporkan aktivitas mencurigakan, dan mendukung aparat keamanan dalam memberikan jaminan keamanan di Kabupaten Puncak.
"Diharapkan kontribusi masyarakat pada upaya pencegahan kriminalitas demi terciptanya Kabupaten Puncak yang Aman dan Damai," harapnya.**