KKB Tembak Pesawat Wings Air di Yahukimo, Satu Anggota TNI Terluka

Tampak polisi mengecek kondisi pesawat Wings Air yang ditembak KKB di Yahukimo/ Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Pesawat Wings Air IW 1646 ATR 700 PK WGT ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata saat landing di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo pada Sabtu (17/02/2024).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, mengatakan, insiden penembakan itu terjadi sekitar pukul 13.20 WIT ketika pesawat tersebut bersiap untuk mendarat dari Runway 25 menuju ujung kali Brasa.

"Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan di sisi sebelah kiri, yang menembus ke dalam badan pesawat," katanya dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu sore.

Akibat tembakan itu, satu penumpang terluka akibat terkena pecahan pesawat.

"Tidak ada korban jiwa, tapi satu penumpang bernama Pratu Ongen Dori mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat," ungkap Kombes Benny.

Pasca penembakan yang terjadi, personil Satgas Damai Cartenz bersama personel Brimob Yon D dan Polres Yahukimo langsung melakukan penyisiran di sekitar Area Kali Brasa ujung bandara, yang diduga sebagai lokasi penembakan.

"Kami telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meminta keterangan dari awak pesawat. Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti kasus ini dan mengejar pelaku penembakan," terangnya.

Kabid Humas menyebut, insiden penembakan ini menjadi perhatian serius pihak berwenang.

"Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap motif dan mengidentifikasi pelaku penembakan. Kita akan melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku," tegasnya. *