Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Penandatanganan prasasti oleh Pj Bupati Puncak Jaya, Tumiran dalam peresmian gedung perpustakaan daerah/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Pj Bupati Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos, M.AP didampingi Pj Ketua TP-PKK ,Ketua DPRD Zakaria Telenggen, Pj Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM , Wakapolres Puncak Jaya Kompol Syarifuddin Ahmad, Pasi Ops Kodim 1714/PJ Kapt Inf. Daniel Sine, meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah (Pusda) beserta peresmian secara simbolis 90 Pembangunan Proyek di Kabupaten Puncak Jaya, peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Senin (22/01/24).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Pejabat Eselon II, III, dan IV, Instansi Vertikal, Perwira TNI/Polri, serta tamu undangan yang hadir.

Pj Sekda Yubelina dalam laporannya mengatakan, agenda hari ini adalah pelaksanaan peresmian hasil-hasil pembangunan Infrastruktur Monumental yang telah dilaksanakan baik dalam masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati terdahulu, dan selama kami menjabat sebagai Penjabat Bupati dan Penjabat Sekretaris Daerah dari tahun 2021, 2022 dan 2023 di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua Tengah” jelasnya.



Adapun Alokasi sumber dana pembangunan fisik berasal dari APBD Kabupaten Puncak Jaya Tahun anggaran 2021, 2022 dan Tahun Anggaran 2023 dengan sumber pendanaan yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Otonomi Khusus Papua (Otsus).

Dalam sambutannya Pj Bupati Tumiran, mengatakan peresmian proyek-proyek pembangunan ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas selesainya kegiatan pembangunan fisik, sarana dan prasarana pemerintah daerah, fasilitas publik serta infrastruktur dasar dan fasilitas umum lainnya didalam kota mulia dan sekitarnya serta yang berada di berbagai distrik di Kabupaten Puncak Jaya.

"Diharapkan sarana dan prasarana tersebut dapat dimanfaatkan dan difungsikan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta meningkatkan aktivitas masyarakat dalam berbagai bidang di Kabupaten Puncak Jaya," harapnya.



Menurut Pj Tumiran, hadirnya gedung perpustakaan di Kabupaten Puncak Jaya sangat representatif dan strategis. Oleh karena itu ia berharap gedung perpustakaan ini bukan hanya sebagai tempat menyimpan buku, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Saya berharap perpustakaan ini nanti dapat menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk belajar, membaca, dan mengembangkan potensi diri untuk mencerdaskan masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya,” harapnya.

Ia menambahkan, pelayanan perpustakaan dilakukan dalam gedung dan pelayanan perpustakaan keliling, sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Puncak Jaya.

"Saya berharap Pusda ini bisa menjadi central bagi masyarakat umum untuk dijadikan wadah ataupun tempat mendapatkan ilmu pengetahuan," harapnya.(adv/valent).