Masa Transisi, Ibadah Natal Gabungan Puncak Jaya Digelar Sederhana

Foto bersama Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran bersama Forkopimda, Ketua Klasis Gidi Port Numbay dan pimpinan denominasi gereja/Valent Prokompim

MULIA, wartaplus.com - Berbeda dengan perayaan ibadah Natal di tahun tahun sebelumnya, yang menghadirkan ribuan masyarakat dengan acara bakar batu, kali ini Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar ibadah Natal gabungan dengan sederhana.

Digelar di aula Sasana Kaonak kantor bupati Puncak Jaya, Rabu (13/12) siang, ibadah natal gabungan dihadiri Pj Bupati Puncak Jaya, H.Tumiran S.Sos, MKP beserta jajaran Forkopimda, Pj Sekda Yubelina Enumbi, SE.MM beserta para pimpinan OPD, Anggota DPRD, Pj Ketua PKK, Ketua DWP, perwakilan TNI Polri, ASN, DPRD, pimpinan denominasi gereja, ormas, dan masyarakat umum yang memenuhi tenda diluar aula.

Ibadah natal mengusung tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi (Lukas 2:14)" dan Sub Tema" Melalui Perayaan Natal Gabungan Pemda, DPRD, TNI/Polri, Kita Ciptakan Puncak Jaya Aman, Damai, Sejahtera dan Menjaga Toleransi Umat Beragama, serta Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 Dengan Penuh Kegembiraan".

Memuliakan Tuhan

Dalam khotbahnya, Pdt. Yusman Kogoya , S.Th mengatakan, sesuai tema Natal kali ini, ia mengajak seluruh umat kristiani untuk memuliakan Tuhan dan memuji setiap karyaNya.

"Memuliakan Tuhan itu dengan cara memuliakan profesi kita. Apapun profesi kita, jabatan kita, gelar yang Tuhan sudah berikan, itu harus kita pakai untuk memuliakanNya," kata Pendeta Yusman yang menjabat sebagai Ketua Klasis GIDI Port Numbay.

Ia juga mengajak kepada umat Kristiani di Puncak Jaya untuk selalu hidup dalam damai yang dimulai dari damai dalam keluarga.

"Harapan kita adalah senantiasa hidup dalam damai, sejahtera dengan Allah, yang dimulai dari dalam keluarga dan juga terpenting adalah kita harus berdamai dengan diri sendiri," pesannya.

"Satu hal lagi yang penting adalah kita harus selalu merendahkan diri di hadapan Tuhan, jangan sombong karena jabatan, karena kekayaan, karena itu semua berasal dari Tuhan," pesannya lagi.

Masa Transisi

Sementara itu Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran dalam sambutannya mengatakan, ibadah natal gabungan kali ini berbeda denga tahun tahun sebelumnya.

"Saat ini kita berada di masa transisi, dimana kita semua harus mempersiapkan agenda nasional yaitu pemilihan umum dan pilkada serentak, sehingga perayaan natal kali ini kita buat lebih sederhana, namun tidak mengurangi makna dari natal itu sendiri," ungkap Pj Tumiran.

Lanjut katanya, perayaan natal sesungguhnya mengandung nilai theologis yang tujuannya untuk menyegarkan dan mengaktualisasikan kembali makna kelahiran Yesus Kristus di tengah kehidupan umat manusia.

"Jadi natal bukanlah pesta pora yag sifatnya duniawi tetapi merupakan pesta iman untuk menyegarkan hati dan pikiran," katanya.

Menurut Tumiran, lewat pesan natal, dengan memahami makna kelahiran Yesus Kristus untuk selanjutnya diaktualisasikan dalam hidup dan kehidupan kita setiap saat.

"Semoga melalui ibadah natal gabungan ini dapat memperkokoh persatuan antara ASN, DPRD, TNI Polri, Tokoh agama dari berbagai denominasi gereja dalam berkarya di tengah masyarakat Kabupaten Puncak Jaya," harapnya.

Agenda Nasional

Di kesempatan itu, PJ Tumiran kembali mengingatkan terkait agenda nasional yang tinggal dua bulan lagi.

"Ke depan tantangan kita akan lebih berat dan permasalahan yang akan dihadapi akan lebih kompleks sehingga saya mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersatu padu bergandengan tangan, untuk bersama menyukseskan agenda besar ini," ajaknya.

"Kita harus bersama menjaga agar daerah kita ini tetap aman terkendali. Karena ini adalah tugas dan tanggung jawab kita semua," ajaknya lagi.

Selain itu, Pj Tumiran juga mengajak agar menghindari berita hoaks. "

"Kepada TNI Polri dan seluruh ASN agar melaksanakan tugas dengan berlaku adil dan tidak memihak, serta tidak berafiliasi dengan salah satu kontestan. Mari kita bersama sama menjaga netralitas," tegasnya.

Terimakasih

Sementara itu, Yubelina Enumbi selaku Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati Puncak Jaya dan Ketua DPRD sebagai pihak pemerintah dan masyarakat untuk memberikan kepercayaan selaku panitia natal gabungan.

"Kepada setiap panitia saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya atas kerjakeras dan pengabdian yang tinggi dan keterlibatan yang sungguh dalam menyukseskan acara ini," ucapnya.

Di sesi akhir ibadah, panitia menyediakan sejumlah doorprize kepada para tamu yang hadir dan dilanjutkan acara Ramah Tamah.**