Kodam Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Dipimpin Irdam Brigjen TNI Mukhlis

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 digelar di lapangan Makodam Cenderawasih dipimpin Irdam/Cenderawasih Brigjen TNI Mukhlis/Pendam17

JAYAPURA, wartaplus.com - Kodam XVII/Cenderawasih menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023, bertempat di lapangan Makodam XVII/Cenderawasih.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Inspektorat Kodam (Irdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M, dan diikuti oleh para prajurit dan PNS.

Hari Pahlawan ke-78, kali ini mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, Brigjen Mukhlis mengatakan, menghadapi ancaman dan tantangan di masa mendatang, diperlukan semangat, seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

"Meskipun perjuangannya tidak mudah, namun bisa karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan yang jika diikuti, niscaya membawa jejak kemenangan," katanya.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya, dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

"Para Pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang dan tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah," tegasnya.

Hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya, namun Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu, Merdeka atau Mati.

"Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri," ucapnya.

Dengan semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945, semangat yang membawa menolak kalah dan menyerah pada keadaan, serta menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan makin sejahtera," tegas Irdam menutup amanatnya**