Tahun Baru 2024, TNI AD Berikan Kado Istimewa untuk Masyarakat Kaureh Papua

Kapaldam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Reky Feriyanto turun langsung membantu prajurit memasang pipa air di Kampung Sisik, Distrik Kaureuh/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memberikan kado istimewa untuk masyarakat di pedalaman Papua berupa pembangunan jaringan air bersih. Salah satunya, di Kampung Sisik, Distrik Keureh Lereh, Kabupatan Jayapura.

Kapaldam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Reki Feriyanto, S.E. dalam keterangan tertulisnya, Kamis (04/01/2024) mengatakan, bantuan Kasad ini berupa pipanisasi air bersih dari gunung masuk ke kampung yang selama ini masyarakat Kampung Sisik, sudah lebih dari 30 tahun kesulitan air bersih.

"Selama ini masyarakat setempat mengambil air bersih di atas gunung yang berjarak 2 km lebih kedalam hutan dengan jerigen dan noken," kata Reki.

Dengan rampungnya pembuatan pipanisasi ini, lanjut Reky, masyarakat sangat senang dan gembira dengan adanya program TNI AD Manunggal air dari Kasad.

"Karena program tersebut sangat membantu mengatasi kesulitan masyarakat akan air bersih khususnya masyarakat pedalaman Papua salah satunya di Kampung Sisik," ujarnya.

Kolonel Reky menjelaskan, jarak kampung Sisik dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari pusat Kota Jayapura kurang lebih 5 jam lebih.

"Sekarang masyarakat Kampung sisik sudah tidak perlu lagi masuk hutan untuk ambil air bersih," tukasnya.

Menurut Reki dengan dibangunnya jaringan air bersih, saat ini masyarakat Kampung Sisik bisa menikmati air bersih langsung tanpa harus berjalan kaki masuk kehutan lagi.

"Selain dibuatkan pipanisasi air, juga turut dibangun penampung air, ini untuk mempermudah masyarakat dalam pengambilan air bersih guna memenuhi kebutuhan dasar mereka," kata Reky.

Adapun penerima penerima manfaat dari program air bersih ini yaitu sebanyak sebanyak 102 KK  423 Jiwa yang ada di Kampung Sisik.

"Ini menjadi kado spesial pada saat perayaan natal tahun 2023 dan juga tahun baru 2024. Masyarakat sangat antusias membantu program ini dan sangat terbantu ,sangat senang airnya sudah masuk kekampung,” pungkas Kolonel Reky.**