Pj Sekda Yubelina Serahkan BLT Triwulan Tiga Zona Dua di Distrik Ilu

Pj Sekda Puncak Jaya Yubelina Enumbi menyerahkan langsung BLT Triwulan III kepada Kepala Distrik/ProkompimPJ

ILU, wartaplus.com - Penjabat Sekda Puncak Jaya, Yubelina Enumbi SE, MM menyerahkan langsung BLT (Bantuan Langsung Tunai) Sembako Triwulan III bulan Juli-September 2023 pada Zona II di Lapangan Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Senin (02/10/2023) pagi .

Penyerahan dilakukan usai kegiatan apel  pagi yang dihadiri jajaran ASN setempat. Tampak hadir pula dalam apel, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Esau Karoba, S.PAK, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Pemhumpol Massora, S.Hut, M.Si, Kepala Dinas Sosial Yosenus Yoman, SE didampingi Wakapolres Kompol Syarifuddin Ahmad, Kapolsek Ilu, Pimpinan SATGAS, Pejabat Eselon II, III dan IV, Para Kepala Distrik dan Kepala Kampung.

Dalam amanatnya, PJ. Sekda Yubelina mengatakan, kunjungan ini sekaligus memantau keaktifan ASN di lingkungan Distrik Ilu."Untuk Kepala Distrik yang masih kekurangan staf agar segera melapor dan membuat surat untuk dilakukan penambahan ASN,” ujarnya.

Banyaknya tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan guru yang enggan untuk ditempatkan pada daerah-daerah pelosok, tampaknya masih menjadi pekerjaan rumah, sekaligus menjadi tantangan bagi pemerintah daerah setempat.

Berkaitan dengan itu, Pj Sekda mengatakan, telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk menambah 2 tenaga dokter di Distrik Ilu, sehingga pelayanan kesehatan dapat terus ditingkatkan.

"Begitupun dengan guru, sejauh ini, tenaga guru juga menjadi perhatian yang sangat penting karena masa depan anak-anak ada pada guru” ujarnya.

Pj Yubelina juga menegaskan, staf distrik yang tidak pernah hadir, siapapun dia tidak boleh menerima gaji sebelum bertemu dengan saya dan membuat surat pernyataan.

"Tugas kita sebagai ASN adalah melayani masyarakat, untuk itu saya harap asn menunjukkan kualitas dalam pelayanannya dan tidak mangkir dari tanggung jawabnya, tegasnya.

Sementara itu, terkait penyaluran BLT yang dilakukan saat ini merupakan pertimbangan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya untuk mempermudah penyaluran bantuan agar tidak terjadi penumpukan pada satu tempat.

Adapun penyaluran BLT dibagi dalam 3 zona yaitu Zona I Mulia, Zona II Ilu, dan Zona III Fawi. Sehingga BLT dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

“Saat ini yang menjadi prioritas Pemerintah Daerah ialah akan mengupayakan agar dapat menjangkau dan mengunjungi secara langsung tiap-tiap distrik untuk mendengar aspirasi langsung dari masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke mulia untuk menyampaikan aspirasinya,” jelasnya.

Menutup amanatnya, Pj Sekda berharap, bantuan BLT ini dapat disalurkan dengan baik, tepat sasaran serta tidak menimbulkan konflik antar masyarakat, karena bantuan ini disiapkan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia.

"Kepala Distrik yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Daerah juga harus terus menjaga situasi daerah agar tetap aman dan kondusif,” tekannya.**