Kunker ke Sorong, Mervin Komber: Infrastruktur Transportasi di Papua Harus Dibenahi

Ketua Badan Kehormatan DPD RI, Mervin Irian Sadipun Komber/wartaplus

MANOKWARI,- Ketua Badan Kehormatan  DPD RI, Mervin Irian Sadipun Komber mendesak pemerintah agar lebih memperhatikan bidang transportasi di Papua Barat dengan membenahi infrastruktur.

Desakan tersebut disampaikan Mervin saat reses atau kunjungan kerja ke Sorong, Papua Barat, 25 Februari 2018. Ia melihat masih banyak infrastruktur yang kondisinya tidak memadai dan kondisi memprihatinkan itu, bahkan pada fasilitas transportasi antarkabupaten dan antardistrik di Papua Barat.

“Untuk wilayah Papua Barat, beberapa akses antarwilayah yang terisolir karena tidak memadainya sarana transportasi,, terutama sering putusnya jalur jalan akibat belum adanya peningkatan struktur jalan seperti pengaspalan ” kata Mervin yang juga alumni STM N Sorong ini, Selasa (27/2/).

Tidak hanya itu, kata dia, kondisi sarana transportasi yang tersedia juga sangat menyedihkan. “Jangankan mendapatkan moda transportasi yang aman, yang ada saja sulit,” ungkap Senator asal Fakfak ini.

Karenanya, Mervin berharap kepada Menteri Perhubungan agar melihat keterbatasan sarana transportasi di wilayah Papua Barat. Oleh karena itu, Ia mendorong pemerataan pembangunan, dimana Mervin mendesak agar pemerintah Pusat untuk meningkatkan anggaran pembangunan infrastruktur untuk membangun pelabuhan, bandara dan membuka akses jalan dari kampung ke kota di Tanah Papua.

“Pembangunan sarana transportasi itu juga dibutuhkan untuk menggerakan perputaran ekonomi dan pelayanan kesehatan, pendidikan, sosial, pemerintahan umum serta perbaikan ekonomi,” tambah Ketua Ikatan Alumni KMK Uncen.[Albert]