Jelang HUT RI ke 78, KKB Tembak Rombongan Paskibra dan Bakar Tower di Puncak

BTS Telkom yang dibakar/Istimewa

ILAGA,wartaplus.com - Menjelang peringatan HUT RI ke-78, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan ulah dengan melakukan teror penembakan dan pembakaran rumah warga di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. 

Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, menjelaskan, teror penembakan ini dimulai sejak pagi dengan menembak rombongan paskibra yang sedang berlatih di Lapangan Trikora. 

" Kemarin lagi saat aparat keamanan TNI Polri melakukan geladi bersih untuk persiapan upacara HUT RI ditembak oleh KKB sehingga anggota merespon dengan menembak balik dan terlibat kontak tembak beberapa jam dan setelah itu mereka mundur," kata Kapolres ketika dikonfirmasi pada Rabu (16/08/2023).

Usai kontak tembak tersebut, KKB kembali berulah dengan membakar BTS Telkomsel serta dua rumah warga Kampung Kago.

"Setelah itu KKB kembali berulah dengan membakar tower dan dua rumah warga. Seluruh bangunan dan peralatan BTS ludes terbakar," ujarnya. 

Lanjut kapolres, KKB juga melepaskan tembakan di lokasi untuk menakuti warga setempat. "Situasi semakin menegangkan saat beberapa kali tembakan gangguan terdengar dari pihak Kelompok KKB di sekitar Kampung Eromaga. Mereka mengeluarkan tembakan untuk menakuti warga,"bebernya.

Kapokres menambahkan, saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamanan dengan patroli dan berjaga di beberapa titik rawan mengantisipasi kelompok bersenjata melakukan serangan. (**)