Meja dan Kursi Bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Dibuang Warga ke Sungai

Tampak meja dan kursi sekolah dibuang warga ke sungai di Distrik Airu Kabupaten Jayapura/Istimewa

SENTANI, wartaplus.com - Puluhan meja dan kursi untuk SD Negeri Aurina, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura, Papua dibuang warga ke sungai.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen yang dikonfirmas, Sabtu (12/08) membenarkan insiden tersebut. Ia mengatakan, kejadian itu terjadi pada Selasa lalu. Dimana kursi dan meja yang merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dibuang karena kesalahpahaman warga dengan aparat kampung.

"Ini akibat kesalahpahaman atau kurangnya komunikasi antara masyarakat dan aparat kampung. Warga mengira bahwa meja sekolah SD Negeri Aurina dibeli menggunakan dana kampung hingga menyulutkan emosi yang berujung  membuang kursi dan meja itu," ungkapnya.

Menurut Kapolres, warga hanya mendengar informasi sepihak dan langsung menunggu di dermaga, sehingga saat kapal motor yang membawa meja dan kursi tiba langsung dibuang ke sungai.

"Saat kapal motor yang mengangkut meja dan kursi tiba, langsung dibuang warga ke sungai. Namun tidak berselang lama setelah mendengar penjelasan dari bendahara kampung bahwa meja dan kursi tersebut merupakan bantuan Dinas Pendidikan akhirnya warga kembali mengangkatnya," jelasnya.

Pasca kejadian, situasi di Distrik Airu kembali kondusif. Bahkan warga sudah membawa kursi dan meja itu ke SD Negeri Aurina dan diatur di dalam kelas.

"Totalnya ada ada 65 meja dan 65 buah kursi bantuan dinas pendidikan. Sekarang sudah diangkat dari sungai dan warga juga sudah menyusun rapi meja dan kursi tersebut di ruangan SD Negeri Aurina," tandasnya.**